Hai, Takaitets!

Kentut yaitu kondisi keluarnya gas sisa dalam tubuh. Ahli Gastroenterologi, Purna Kashyap,  dari Mayo Clinic mengatakan bahwa manusia memproduksi sekitar 500 hingga 1500 mililiter gas per hari dan mengeluarkannya sebanyak 10 hingga 20 kali, Takaiters.

Sebagian orang ada yang membenci kentut karena memiliki aroma bau, tetapi sebetulnya kentut adalah reaksi normal tubuh demi kesehatan,Guys. Yuk, simak ulasan manfaat kentut ini bagi kesehatan ini!

1. Meredakan Nyeri Perut

foto: liputan6.com

Ketika kamu menahan kentut yang terlalu lama maka dapat menyebabkan risiko terkena penyakit distensi usus. Oleh sebab itu, mengeluarkan gas yang tertimbun dalam pencernaan atau kentut dapat bermanfaat mengurangi rasa nyeri atau sakit perut.

2. Mengatur Tekanan Darah

Foto: jawapos.com

Dalam penelitian ditemukan fakta bahwa orang yang kentut tidak hanya mengeluarkan gas saja tetapi juga terdapat zat hydrogen sulfide yang keluar bersama saat kentut.
Zat hydrogen sulfiden itu ternyata bermanfaat untuk mengatur tekanan darah bagi siapa saja yang menghisapnya lo, Guys. Jadi, kesimpulannya menghirup bau kentut itu dapat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dalam tubuh.

3. Mengatasi Kembung

foto: Genpi.co

Kembung atau masuk angin terjadi akibat udara terjebak dalam saluran pencernaan dan tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh. Ternyata kentut dapat mengatasi kembung atau masuk angin, sebaliknya jika dibiarkan begitu saja kembung atau masuk angin ini bisa menyebabkan penyakit-penyakit perut lain dan juga bisa menyebabkan strok. Nah, jadi jangan takut untuk kentut, Guys.

4. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kronis

Foto: idntimes.com

Jangan marah saat ada yang kentut sembarangan, karena menghirup aroma kentut itu memiliki manfaat lo, Guys. Manfaat lain yang dapat kamu rasakan saat menghirup aroma kentut yang mengandung zat hydrogen sulfiden yaitu mengurangi risiko terserang berbagai penyakit kronis yang membahayakan. Walaupun tidak mengatasi secara langsung, setidaknya kamu bisa menghindarinya dengan aroma kentut.

Nah, itulah beberapa manfaat kentut untuk kesehatan. Siapa yang menyangka, Walaupun kentut memiliki kesan jorok tetapi kenyataannya kentut memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Oleh karena itu, kamu jangan suka menahan kentut, ya, Guys.