Hai Takaiters!

Pernah dengar daerah Ciamis? Jika belum, mari berkenalan sejenak.

Ciamis adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat. Posisinya tepat berada di tengah-tengah antara Kabupaten dan Kota Tasikmalaya di sebelah barat serta Kota Banjar di sebelah timur.

Sedangkan untuk sebelah utara, Ciamis berbatasan langsung dengan dua kabupaten, yaitu Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan.

Kabupaten yang berpenduduk 1.389 juta jiwa ini sendiri ditinggali oleh mayoritas etnis Sunda. Sehingga, masakan khas yang dimilikinya pun tidak terlepas dari adat dan kebiasaan orang sunda pada umumnya.

Meski belum terlalu mahsyur, makanan khas dari Ciamis pun tidak akan kalah dengan makanan khas kota-kota lainya. Rasanya yang Sunda banget serta harganya yang murah meriah, menjadikan makanan khas dari daerah ini sayang sekali jika Takaiters lewatkan.

Penasaran apa saja makanan khasnya? Berikut ini adalah rekomendasi 5 makanan khas dari Ciamis yang wajib Takaiters coba.

1. Galendo

makanan khas ciamis galendo
Foto: AlamPriangan.com

Makanan khas Ciamis pertama yang wajib Takaiters coba adalah Galendo. Galendo sendiri merupakan olahan makanan yang terbuat dari sari pati kelapa (santan kelapa) yang diolah dengan cara direbus hingga terbentuk minyak kelapa dengan endapan dibawahnya.

Nah, endapan di bawahnya itulah yang disebut galendo.

Di era modern seperti sekarang ini,  galendo disajikan dengan beberapa varian rasa mulai dari original, lemon, apel, strawberry, coklat hingga susu.

2. Pindang Gunung

makanan khas ciamis adalah
Foto: sarihusada.co.id

Makanan khas Ciamis kedua adalah hidangan ikan berkuah yaitu pindang gunung. Pindang gunung adalah hidangan segar berkuah dengan bahan utama yaitu ikan segar.

Ikan segar yang digunakan dalam pindang adalah ikan kakap, kakap merah, tongkol, mangmung atau carwang.

Bahan utama tersebut biasanya dipotong-potong lalu dimasukan ke panci yang telah diisi dengan air yang dibumbui dengan beberapa bahan seperti kemiri, cabe, jahe, terasi, serta garam.

Untuk mecicipinya, masakan ini tersebar di berbagai tempat di Ciamis. Mulai dari restoran, warung-warung bahkan terkadang kedai kopi juga menyediakan hidangan ini. Sensari rasa dari pindang gunung sendiri adalah rasa asam pedas.

3. Mie Golosor

makanan khas ciamis saroja
Foto: yummy.co.id

Mie golosor adalah mie kuning berukuran besar–besar. Mie ini sendiri memiliki tekstur yang licin karena terbuat dari tepung kanji. Banyak juga orang yang menganggap bahwa mie golosor bentuknya seperti gabungan dari potongan panjang rumput laut dengan pasta spaghetti.

Biasanya, mie golosor disajikan ala mie goreng ataupun ala mie kuah. Namun, khusus untuk di Ciamis, mi golosor disajikan bersama dengan bakso.

Menarik bukan? Dijamin sensasi mie yang licin dengan toping potongan daging dan kuah bakso yang hangat akan membuat lidah Takaiters langsung bergoyang kenikmatan.

4. Dendeng Sapi

makanan khas ciamis dan cara pembuatannya
Foto: Liputan6.com

Makan khas selanjutnya yang wajib Takaiters coba adalah dendeng sapi. Olahan ini  terbuat dari daging sapi yang di potong tipis – tipis dan kemudian dibumbui dengan rempah lalu dikeringkan.

Selain dengan cara tersebut, daging dendeng juga dapat diolah dengan banyak cara sebelum di santap seperti digoreng ataupun dibakar. Dendeng juga bisa dipotong–potong untuk dijadikan bahan masakan.

Makanan khas ini cocok bagi kamu pencinta hidangan daging karena rasanya yang enak dan nendang. Selain itu, dendeng juga adalah pilihan tepat untuk buah tangan karena dapat tahan lama bahkan sampai beberapa bulan.

Untuk lebih merasakan nikmatnya, cobalah untuk menyantap dendeng sapi bersama dengan nasi putih hangat.

5. Kecimpring

Foto: doc.pribadi

Makanan khas Ciamis yang terakhir adalah kecimpring. Unik bukan namanya?

Kecimpring sendiri terbuat dari singkong yang diparut halus dan dicampur dengan bumbu dan rempah seperti bawang putih, cabai, daun bawang, serta penyedap rasa lainnya.

Dalam mengolahnya, seluruh bumbu dijadikan satu sehingga menghasilkan adonan. Nah, adonan tersebut kemudian dicetak tipis-tipis lalu dikukus dan dijemur hingga benar-benar kering dan siap untuk digoreng.

Kecimpring sendiri biasanya dijual dalam bentuk mentah dan  siap digoreng atau yang telah siap makan.

Jika Takaiters tidak ingin kelaparan saat berwisata ke suatu tempat, pastikan Takaiters telah menyiapkan jajanan yang satu ini. Selain enak, singkong sendiri mengandung karbohidrat yang dapat mengganjal perut kamu selagi berwisata.