makam unik di dunia
makam unik di dunia

Inilah 7 Mausoleum yang Artistik dan Terunik di Dunia

Berbicara tentang pemakaman pasti yang terlintas dipikiran kamu adalah tempat yang sangat menyeramkan bukan? Epttt jangan salah, karena tidak semua pemakanan itu selalu menyeramkan karena ada juga beberapa pemakam yang terbilang unik dan artistik yang dibuat seperti monumen alias Mausoleum. Apa saja itu? yuk intip dibawah ini!

1. Makam Mahabat Maqbara – India

makam unik di dunia
Mahabat Maqmara (Foto : tempo.co)

Jika dilihat dari luar kamu akan melihat keanehan dari arsitektur di tempat ini. Bangunan yang terletak di Junagadh ini memiliki arsitektur campuran bergaya Gothic dan ornamen Islam. Bangunan megah ini adalah makam dari Wazir Bahaduddinbhai Hasanbhai, ia adalah seorang bangsawan terkenal di Pengadilan Nawab Mahabat Khan II. Bangunan ini dibangun dimulai dari 1878 oleh Mahabat Khanji dan selesai dibangun pada tahun 1892 oleh penggantinya, Bahadur Khanji.

PILIHAN EDITOR

2. Makam Lenin – Rusia

makam unik di dunia
Makam Lenin (Foto : cnnindonesia.com)

Makam Lenin  merupakan makan peristirahatan dari Vladimir Lenin yang terletak di Red Square di tengah kota Moscow. Lenin Vladimir sendiri merupakan Bapak Komunis Rusia. Tubuh Vladimir Lenin diawetkan dan dipajang serta bisa dilihat oleh umum setelah kematiannya pada tahun 1924.

Dua hari setelah kematian Lenin, arsitek bernama Aleksey Shchusev membangun sebuah makan kayu di Red Square di dalam Tembok Kremlin, dan peti mati Lenin di letakkan di dalamnya sampai Alexei Ivanovich Abrikosov menentukan bahwa ada kemungkinan untuk mengawetkan tubuh Lenin dalam jangka waktu yang lama. Pada tahun 1930 tubuh Lenin dimasukkan kedalam makam baru yang ada di Red Square ini.

3. Taj Mahal – India

makam unik di dunia
Taj Mahal (India)

Kekaisaran Mogul di bawah pemerintahan Shah Jahan membangun Taj Mahan di Agra sebagai penghormatan untuk istri tercintanya. Bangunan dengan marmer putih dan taman yang luas ini memakan waktu sekitar 15 tahun untuk membangunnya. Bangunan ini juga dianggap menjadi contoh arsitektur Mogul yang paling mengesankan.

4. Makam Rufina Cambaceres – Argentina

makam unik di dunia
Rufina Cambaceres (Foto : wikimedia.com)

Seorang wanita muda Argentina menjalani koma pada tahun 1902 dan dinyatakan meninggal ketika umur 19. Beberapa hari setelah pemakaman, pekerja sekitar mendengar teriakan dari dalam makamnya. Ketika makam tersebut dibongkar, dia terlihat memang sudah meninggal, tapi seperti ada goresan di wajahnya dan dari peti matinya seperti dia mencoba untuk keluar. Ibunya kemudian membangun makam megah Art Nouveau dengan anggrek yang terpahat. Meskipun kisah ini belum diverifikasi hingga saat ini, tetapi tempat makamnya telah didatangi ribuan pengunjung dan kisahnya menjadi terkenal sebagai “wanita yang mati dua kali”.

5. Makam William MacKenzie – Inggris

makam unik di dunia
Makam William MacKenzie (Foto : atlasobscura.com)

Ada sebuah tempat unik yang ada di kawasan pemakaman Gereja St. Andrew, Liverpool Disana ada bangunan makam piramida setinggi 15 kaki ,makam tersebut adalah makam dari seorang insinyur sipil dan kontraktor bernama William Mackenzie.

Makam tersebut terletak dikawasan paling angker yang ada di Liverpool. Sebuah cerita legenda menceritakan bagaimana McKenzie dimakamkan dalam posisi duduk di dekat meja sambil memegang kartu kemenangan di jari kurusnya. Sebagai seorang pejudi, dia bertaruh dan kehilangan nyawa di dalam permainan kartu poker dengan iblis dan berpikir kalau ia tidak akan mati dan dikuburkan, namun dia kalah melawan iblis tersebut.

6.  Makam Nicolas Cage – New Orleans

makam unik di dunia
(Foto : discoverhistoricamericatours.com)

Aktor tampan Nicolas Cage telah lama dikenal dengan perilaku nyentriknya baik di depan kamera maupun di dunia nyata. Nampaknya Cage berencana melanjutkan perjalanannya menuju kematian, lalu dia membeli sebuah makam terkenal yang ada di tempat pemakaman New Orleans. Makam ini kosong, tapi telah disesuaikan dengan tubuhnya, dan dia merencanakan akan dikubur di dalam makam berbentuk piramida ini.

7. Makam Humayun, India

makam unik di dunia
Humayun (Foto : staticflickr.com)

Makam ini dibangun pada tahun 1570, makam cantik ini terinspirasi dari inovasi bangunan Taj Mahal. Makan ini berdiri dengan tinggi, kawasan luas ini terdapat satu kubah besar, dua kubah menengah, dan dua kubah kecil. Bangunan yang berwarna kemerahan ini dihiasi oleh taman yang luas dan kolam dengan air mancur didalamnya. Makam Humayun juga dikenal dengan “dormitory of the Mughals”, sekitar 150 keluarga dimakamkan disini.