Hai, Takaiters!

Siapa yang tak kenal dengan kota yang satu ini? Kota yang terkenal sejuk ini terbentuk sekitar tahun 1891, awalnya pemerintahan Kolonial Belanda membentuk beberapa kampung dengan membuat batasan sekitar perkebunan kopi dan tembakau.

Kata “Lembang” berasal dari kata ngalembang yang dalam bahasa Parahyangan berarti genangan air karena daerah ini pada musim hujan selalu digenangi air. Dalam versi lain juga disebutkan nama “Lembang” berasal dari bahasa Belanda yaitu landbouw yang berarti pertanian. Hal ini melihat Lembang yang memang daerah pertanian.

Berada di ketinggian antara 1.320 hingga 2.074 meter di atas permukaan air laut dan suhunya berkisar antara 17 hingga 27 derajat celcius menjadikan Lembang daerah yang sejuk dan hijau, sehingga mempunyai pesona wisata alam yang memukau. Tak heran jika seorang budayawan asing, Martinus Antonius Weselinus Brouwer mengatakan, “Bumi Pasundan diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum.”

Berikut ini beberapa objek wisata alamnya yang wajib kamu kunjungi bila sedang berada di Lembang.

1. Gunung Tangkuban Perahu

Foto: geooutbond.com

Terletak di ketinggian 2.084 mdpl dari permukaan laut, di kelilingi pohon pinus dan panorama kebun teh nan hijau. Gunung Tangkuban Perahu memiliki beberapa kawah, yaitu Kawah Domas, Kawah Ratu, dan Kawah Upas, yang instagramable untuk berswafoto. Satu hal yang perlu diingat karena suhu sekitarnya cukup dingin sangat disarankan memakai pakaian hangat bila ingin berkunjung ke sini.

2. Taman Lembah Dewata

Foto: java-wisata.co.id

Terkenal dengan wisata berkuda. Taman Lembah Dewata berada di Kecamatan Cibogo, kawasan wisata ini juga dikelilingi pegunungan yang menyajikan suasana tenang.
Dengan pesona bukit dan danau, tempat ini sangat cocok juga untuk dijadikan lokasi berswafoto. Bagi yang ingin bermalam juga bisa karena tersedia penginapan dan vila dengan fasilitas lengkap.

3. Wisata Grafika Cikole

Foto: winnetnews.com

Destinasi wisata yang tepat untuk aktivitas outbound. Selain fasilitas outbound, tersedia juga area parkir, hotel, resto dan rumah panggung, toko souvenir, dan perkemahan.

4. Curug Tilu Leuwi Opat

Foto: nativeindonesia.com

Air terjun ini menyajikan keindahan sekaligus ketenangan. Terletak di Desa Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Bandung Barat. Dinamakan Curug Tilu Leuwi Opat, karena dalam bahasa Sunda berarti tiga air terjun dan empat sungai. Banyak aktivitas outdoor yang bisa dilakukan seperti rafting, flying fox, gebuk bantal, jembatan dua tali, paintball, perahu, rakit, shaking bridge, spider web, dan sebagainya. Dan yang ingin menikmati suasana kemping tersedia area untuk berkemah.

“Air Terjun Pelangi”. Konsep unik yang diterapkan pada curug ini diadaptasi dari salah satu air terjun di Colorado, Amerika, di mana air terjun ini dapat menghasilkan pantulan pelangi karena di belakang derasnya air terjun diletakan  lampu-lampu.

Nah, bagaimana Takaiters tertarik untuk berkunjung? Dijamin kamu menemukan semangat baru setelah menikmati keindahannya. Yuk, liburan ke Lembang!