Hai, Takaiters!

Libur akhir tahun sudah didepan mata! Yup, biasanya Takaiters mulai memilih destinasi yang seru untuk dikunjungi, bukan? Terutama untuk orang tua yang telah beberapa waktu sebelumnya telah merencanakan liburan bersama buah hati. Karena jelas, anak-anak paling menantikan saat tibanya liburan.

Namun, bagaimana bila ternyata liburan hanya dilakukan di rumah saja? Bila Takaiters tahu caranya, liburan di rumah juga tidak  kalah seru dan asyik kok. Bahkan bisa membangun bonding antar anggota keluarga loh.

Berikut beberapa aktivitas yang bisa dipilih Takaiters, ya?

1. Berkemah di halaman rumah.

kegiatan seru saat liburan di rumah
Foto: neverlostneverland.blogspot.com

Kini tak perlu mendaki gunung atau ke pantai bila ingin berkemah. Cukup dirikan tenda di halaman rumah dengan memberikan suasana pantai. Redupkan lampu rumah dan gelar tikar atau karpet sebagai alasnya untuk tetap menjaga kenyamanan.

Jangan lupa, jauhkan sementara gawai dan elektronik lainnya. Nikmatilah kebersamaan dengan sepiring camilan ala backpacker ya? Hmm … Funny!

2.  Berkebun.

Liburan seru di rumah bersama keluarga
Foto: infobintaro.com

Bila selama ini halaman hanya dibiarkan dipenuhi dengan rumput dan tanaman tak berguna lainnya karena tak memiliki waktu berkebun, inilah saat yang tepat bagi Takaiters untuk mulai membenahi lahan yang terbengkalai. Libatkanlah anggota keluarga lain untuk memilih tanaman dan mulailah berkebun.

Dan alangkah lebih baik, bila anak-anak diminta untuk memilih bibit dan diberikan tanggung jawab untuk merawatnya. Pasti anak-anak tak sabar untuk memanen hasilnya.

3. Membuat karya bersama.

Tips liburan seru di rumah saja
Foto: id.theasiaparent.com

Untuk aktivitas ini, bisa disesuaikan dengan hobi si kecil ya? Misalnya si kecil suka membuat prakarya daur ulang. Ajaklah semua anggota keluarga  berkarya dari kertas, botol bekas air mineral, bermain clay, membuat play dough sendiri dan masih banyak yang lainnya. Pasti seru, bukan?

4. Membuat suasana baru di rumah.

Foto: smartmama.com

Masih ingatkah kapan kali terakhir Takaiters mendekorasi rumah? Cobalah memberikan sentuhan berbeda pada hunian Takaiters saat liburan nanti. Apakah cat rumah perlu diganti atau ada interior rumah yang perlu dibenahi. Aktivitas ini tentu menyenangkan, karena akan mendapatkan suasana baru yang akan berdampak pada semangat yang baru pula.

Anak-anak pun pasti senang ketika diminta memilih cat untuk di kamar mereka atau menghias dinding kamar dengan gambar yang menarik ala mereka.

Nah, ternyata dengan berlibur di rumah, bisa menjadi momen yang menyenangkan bukan? Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, namun manfaatnya luar biasa. Siap liburan seru di rumah? Semoga hari libur Takaiters berkesan ya.