Halo, Takaiters!

Akhir tahun selalu identik dengan liburan, Guys. Berlibur bersama keluarga pasti sangat menyenangkan, apalagi bersama anak-anak yang sering kita tinggalkan saat bekerja. Jika kamu berencana berlibur bersama membawa anak-anak, persiapan matang harus dilaksanakan apalagi jika melakukan perjalanan darat yang memakan waktu cukup lama. Bepergian dengan anak selalu identik dengan banyak tas dan bekal. Apa saja, sih, yang harus kamu siapakan jika bepergian dengan anak?

Pakaian Ganti

Foto: beritasatu.com

Saat bepergian bersama anak sebaiknya kamu membawa baju ganti, Guys. Apa pun bisa menjadi alasan berganti baju, entah karena basah, kotor atau memang hobi ganti baju. Untuk anak balita sebaiknya membawa lebih dari satu baju yang terdiri dari baju dalam dan baju luar. Jika perlu bawalah diapers karena selama perjalanan kadang tidak mudah mendapatkan toilet untuk BAK. Bagi anak yang sudah lebih besar, cukup membawa satu stel baju dalam dan baju luar karena kemungkinan kotor dan basah lebih sedikit.

Peralatan Ibadah

Foto: st301923.sitekno.com

Perjalanan tidak boleh menghalangi seorang muslim untuk melaksanakan sholat, sehingga membawa mukena untuk orang tua dan anak lebih bijak Guys. Saat singgah di musholla atau masjid, pasti akan lebih nyaman membawa peralatan sholat sendiri karena pasti lebih bersih dan tidak perlu mengantri. Membawa peralatan sholat sendiri juga bermanfaat ketika kita menghendaki sholat berjamaah bersama keluarga pada saat sholat wajib.

Makanan dan Minuman

Foto: labmalang.com

Selama perjalanan anak tidak boleh mengalami kelaparan dan dehidrasi, sehingga bekal selama perjalanan harus cukup. Bawalah makanan kemasan yang mudah dikonsumsi, tidak mudah tumpah, tetapi tetap sehat. Sehat dalam hal ini tidak mengandung pengawet, pewarna buatan, terlalu asam atau pedas dan membuat kembung atau mual.

Dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak jus buah daripada susu atau ikan karena susu atau ikan menyebabkan mual sepanjang perjalanan. Jika anak membutuhkan makanan khusus, mau tidak mau kamu harus membawanya. Misalnya bubur balita memerlukan air hangat untuk mencairkan.

Obat-Obatan

Foto: anakastinastanti.com

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan untuk pertolongan pertama saat mengalami pusing, mual, luka, dan diare. Jika gejala sakit tidak mereda setelah diberi obat pertolongan pertama, maka bawalah ke pusat kesehatan atau dokter. Jika  anak harus mengkonsumsi obat khusus sesuai jadwal tertentu, maka pastikan obat tidak terlewat dikonsumsi, ya, Guys, karena liburan harus menyenangkan, maka kesehatan adalah faktor utama yang harus diperhatikan.

 Tisu Basah dan Kering

 

Foto: Mando.tribunnews.com

Selama perjalanan, segala kemungkinan bisa terjadi saat membawa anak, apakah makanan tumpah atau perlu mengelap mulut, semuanya memerlukan tisu baik basah maupun kering. Kadang tisu diperlukan untuk membersihkan dan mengelap peralatan makan.

Bagi balita keberadaan tisu basah menjadi wajib karena digunakan saat makan dan membersihkan diri. Maka tisu menjadi barang yang wajib dibawa, Guys. Kamu tidak mau kan repot harus membeli dulu saat memerlukannya?

Mainan Kesukaan

Foto: youtube.com

Perjalanan diatas satu jam rawan membuat anak bosan, sehingga disarankan membawa mainan yang disukainya. Tempatkan dalam tas atau box khusus yang mudah dibuka dan dirapikan. Jangan membawa mainan yang berukuran kecil karena akan menimbulkan “drama” satu babak saat mainan jatuh ke kolong kendaraan atau tertinggal. Anak tidak disarankan memegang gadget seperti handphone karena rawan membuatnya pusing selama perjalanan, Guys. Orang tua dapat membacakan dongeng atau mengajak bermain anak-anak sehingga suasana perjalanan tidak membosankan.

Peralatan Mandi

Foto: viva.co.id

Perjalanan yang cukup jauh akan membuat anak berkeringat dan tidak nyaman jika tidak mandi pada saatnya. Jika memungkinkan, mandikan anak dalam perjalanan dengan membawa peralatan mandi sendiri. Namun, jika tidak memungkinkan, cukup dilap dengan tisu basah dan diganti bajunya. Peralatan mandi seperti sabun dan handuk sangat diperlukan saat anak harus BAB di toilet umum selama perjalanan. Jadi, jangan lupa untuk selalu membawanya, ya, Guys.

Nah, Takaiters, sudah siap ‘kan membawa anak-anak berlibur? Asal persiapan kita cukup matang, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya. Anak-anak juga sebaiknya diajak ngobrol mengenai perjalanan yang akan dilakukan, Guys, sehingga liburan akan menyenangkan untuk semua anggota keluarga.