Hai, Takaiters!

Indonesia sangat kaya suku budaya. Begitu pula masakan dan kue tradisionalnya. Banyak sekali jenis kue tradisional yang sudah dikenal seluruh nusantara bahkan sampai ke mancanegara. Penyajiannya pun banyak yang terbilang unik dan memiliki khas daerah asalnya. Antara lain 5 penganan yang dibungkus dengan daun ini, Guys!

Nagasari/kue pisang

Kue Berbungkus Daun pisang
Foto : cloudfront.net

Kue ini berasal dari daerah Jepara. Namun, di Makasar juga ada kue sejenis yang bernama Roko Roko Unti. Nagasari berbahan dasar tepung beras, tepung sagu, santan, dan pisang raja. Setelah dibungkus daun pisang atau pandan dan membentuk kotak kecil, lalu dimasak dengan cara dikukus. Namun sekarang seiring majunya zaman, sayangnya nagasari ini ada yang dibungkus dengan plastik bening, tidak dengan daun lagi.

Kue Bugis

Kue Berbungkus Daun pisang
Foto : resepkoki.id

Kue Bugis di daerah Jawa dikenal dengan Kue Mendut, di Dumai dikenal dengan Koci, di Padang mereka menyebutnya Lapek Bugis atau Lepat Bugis (Padang), dan masih ada beberapa nama lain di daerah lain. Walaupun banyak nama, tapi pada dasarnya berbahan baku sama yaitu tepung ketan, tepung beras, santan yang berisi kelapa yang sudah dicampur gula merah (enten).

Bugis ini hampir mirip dengan Nagasari, Guys, karena cara masaknya pun dikukus dan dibungkus daun pisang. Hanya saja daun pisang pada bugis biasanya diolesi terlebih dahulu dengan minyak kelapa. Tapi sama seperti Nagasari, sekarangpun sudah banyak yang dibungkus dengan plastik.

Lemet

Kue Berbungkus Daun pisang
Foto : resepsedapku.com

Kue manis asal Jawa Timur ini berbahan dasar singkong dan gula merah. Cara masaknya dengan cara dikukus. Namun, berbeda dengan nagasari dan bugis, bentuk lemet berupa persegi panjang. Selain itu, lemet juga tidak setenar Nagasari dan Bugis. Mungkin karena itu juga sekarang Lemet ini sudah mulai jarang ditemui. Tapi rasanya nggak kalah legit lho dengan kue manis lainnya.

Pilihan Editor



Lupis/Lopis Ketan

Kue Berbungkus Daun pisang
Foto : tokopedia.net

Lupis/Lopis ketan berasal dari Jawa. Berbahan dasar ketan, kelapa dan saus gula merah. Kue ini mendapatkan rasa manis dari saus gula merah yang disiramkan di atasnya. Lupis biasanya dibungkus berbentuk segitiga. Namun, ada juga yang mengemasnya dibentuk bulat memanjang kemudian nanti dipotong-potong.

Berbeda dengan cemilan berbungkus daun pisang lainnya yang bisa langsung disajikan, lupis harus dibuka dulu bungkus daunnya kemudian dibalut kembali dengan parutan kelapa baru disiram saus gula merah tadi. Yummy kan, Guys!

Barongko

Kue Berbungkus Daun pisang
Foto : daftarresep.com

Kue khas Makasar ini juga salah satu cemilan manis yang masih melekat di hati penggemarnya. Sama seperti nagasari, barongko ini juga berbahan dasar pisang. Namun, pisang dalam pengolahan Barongko ini harus dihaluskan dulu sebelum dicampur dengan bahan lain yaitu telur, santan, dan gula. Kue ini dibentuk persegi mirip lemet. Uniknya, barongko ini biasa disajikan dalam kondisi dingin. Jadi setelah dikukus, lalu dimasukkan ke dalam kulkas sebelum disajikan. Unik ya, Guys!

Nah itu tadi, Guys, cemilan tradisional yang rasanya nggak kalah lho dengan kue asal luar negeri! Kalau belum coba, buruan deh dicari dan dicoba! Kewajiban kita sebagai warga Indonesia melestarikan kue tradisional, memakannya bersama keluarga dan teman, bahkan kalau bisa mempelajari cara membuatnya, agar anak cucu kita tetap bisa merasakan kenikmatan kue-kue khas nusantara.