Loha, Takaiters!

Menempuh perjalanan jauh pastinya kita butuh tempat untuk sekadar beristirahat, untuk mengisi bahan bakar, menggunakan toilet, mengisi perut, ibadah, bahkan memejamkan mata. Nah, untuk itu keadaan rest area menjadi hal yang penting, terutama bagi perjalanan mudik dan arus balik.

Bukan hanya di jalan tol, rest area juga dibangun pada jalur-jalur utama antar kota dan provinsi. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali rest area tematik ditambah dengan bangunan indah, dilengkapi spot berfoto, wahana permainan, serta fasilitas yang bersih.

Ini dia beberapa rest area kece yang bisa menjadi pilihan untuk rehat sejenak sambil bersua foto atau rekreasi.

1. Rest Area KM 97 Tol Cipularang dari Bandung, Jawa Barat

Foto: tribunnews.com

Di balik cerita mistis yang santer beredar, tol Cipularang memiliki rest area luas nan megah di KM 97 arah Jakarta. Banyak toko oleh-oleh dan restoran ternama dengan kebersihan yang terjaga sangat baik.

Ada masjid Al-Mi’raj yang besar dengan arsitektur cantik. Keindahan pemandangan pegunungan sekitar menambah daya tarik tersendiri peristirahatan tol di kota Purwakarta tersebut.

2. Rest Area KM 88 Tol Purbaleuyi, Jawa Barat

Foto: kumparan.com

Masjid Al-Safar adalah masjid terbesar yang ada di seluruh rest area tol di pulau Jawa. Desain eksterior dan interiornya sangat megah, unik, dan futuristik. Suasana yang sejuk dan tenang, membuat salat kita semakin khusuk. Bangunan masjid ini didesain oleh Wali Kota Bandung, yaitu Ridwan Kamil.

3. Rest Area Lembah Asri di Purbalingga, Jawa Barat

Foto: piknikyok.com

Ada di jalur alternatif Banyumas-Pantura, rest area ini menyuguhkan tempat santai yang menyuguhkan panorama Gunung Slamet. Jangan salah! Di sini banyak spot foto keren, area petik strawberry, kebun teh, taman labirin, dan berbagai wahana permainan.

Selain Lembah Asri, Purbalingga juga menawarkan berbagai tempat pariwisata. Salah satunya adalah Kampung Kurcaci yang masih satu jalur dengan Lembah Asri

4. Rest Area KM 22 Tol Semarang-Solo, Ungaran, Jawa Tengah

Foto: myimage.com

Tol Semarang-Solo baru beroperasi dan menjadi salah satu rest area tol terbaik. Fasilitas terbilang lengkap, mulai dari food court, minimarket, kafe, taman bermain anak, restoran cepat saji, dan toilet. Kubah merah besar dari masjid di sana tampak cantik dan megah, menjadi tanda dari kejauhan.

5. Kampoeng Kopi Banaran di Jalan Raya Bawen-Solo KM 1,5- Semarang, Jawa Tengah

Foto: wisatajateng.com

Halau kantuk dengan merapat untuk sekadar minum kopi di Kampoeng Kopi Banaran. Wisata agro terletak di ujung Semarang dan memiliki beberapa fasilitas rekreasi yang lengkap. Seperti kafe, hotel, musala, wahana outbound, kolam renang, dan yang paling seru bisa keliling kebun kopi dengan ATV.

Suasana sejuk akan sangat terasa karena lokasi kebun berada di ketinggian. Ditambah dengan panorama alam pegunungan yang mampu memberi rasa nyaman dan menghilangkan penat.

6. Masjid Muhammad Cheng Hoo di Jalan Raya Surabaya-Malang, Pandan Jawa Timur

Foto: wego.co.id

Masjid unik dengan bangunan khas Tionghoa ini sering menjadi tempat singgah para pemudik untuk salat dan beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan arsitekturnya. Halaman yang luas membuat mobil dan bus pariwisata bisa masuk.

Masjid Cheng Hoo terdiri dari dua lantai, terdapat fasilitas toilet, kamar mandi, kios makanan, dan souvenir. Selain di Pandaan, Masjid Muhammad Cheng Hoo juga ada di beberapa kota di Indonesia, seperti Palembang dan Surabaya.

7. Rest Area Kledung di Temanggung (menuju Wonosobo), Jawa Tengah

Foto: wongcrewchild.blogspot.com

Bagi kamu yang mudik ke arah Wonosobo, Jawa Tengah, bisa beristirahat di sini sambil menikmati indahnya Gunung Sindoro dengan udara segarnya. Jika cuaca sedang cerah, panoramanya sangat menakjubkan seperti berada di surga dunia.

8. Cafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul di Jalur Batu-Kediri, Batu, Jawa Timur

Foto: explorewisata.com

Desa wisata yang satu ini berada di jalur Batu-Kediri tepatnya di Desa Pujon Kidul, Jawa Timur. Udara yang sejuk ditambah panorama yang indah dan asri membuat penat hilang seketika.

Daerah Pujon, Batu, memang menawarkan berbagai macam wisata alam. Selain Desa Wisata Pujon Kidul juga ada wisata air terjun Coban Rondo, Coban Rais, Coban Pelangi, dan Waduk Selorejo. Semua ini dilewati oleh jalur lintas kota Batu-Kediri.

Nah, Guys, jika kamu sedang melintasi salah satu rest area yang ada di atas, jangan lupa untuk bersuafoto dan menikmati pemandangan alamnya. Semoga bermanfaat.