Hai, Takaiters!

Tidak terasa tahun 2020 sudah di ujung waktu. Tahun ini seluruh dunia sedang diuji dengan wabah penyakit yang entah kapan akan berakhirnya. Tentu, Takaiters, sudah memiliki rencana berlibur yang disusun jauh hari.

Kecewa, tidak dapat menjalankan liburan? Tentu, ya. Jika tetap ingin menjalankan liburan berikut delapan langkah yang dapat dilakukan agar minim tertular covid-19. Kuy simak di bawah ini, ya:

• Menggunakan masker

Langkah Minim Tertular COVID-19
Foto: Pexels.com

Sejak merebaknya wabah ini sudah didengungkan oleh pemerintah agar menggunakan masker sebagai pencegahan. Takaiters yang akan berlibur persiapkan masker lebih dari satu, ya, karena masker yang digunakan harus bersih dan diganti setiap hari. Jangan lupa gunakan masker secara benar, yaitu menutupi hidung, bukan mulut, ya.

• Transaksi non tunai

Lakukan Langkah Minim Tertular COVID-19
Foto: Pexels.com

Agar terhindar dari kerumunan, Takaiters, dapat melakukan transaksi non tunai. Transaksi non tunai adalah, e-money, kartu ATM/debit, kartu kredit, dan lain-lain. Selain terhindar dari kerumunan menggunakan transaksi non tunai, Takaiters, tidak usah membawa uang banyak dalam perjalanan agar aman.

• Pesan tiket perjalanan dan penginapan via aplikasi

Lakukan beberapa Langkah Minim Tertular COVID-19
Foto: jurnalapp.co.id

Dari pada Takaiters harus mengantri di loket untuk membeli tiket dan menghindari dari kerumunan lakukan pembelian tiket secara online. Demikian juga untuk penginapan. Takaiters dapat download di handphone via aplikasi. Memudahkan dan aman lagi.

• Pilih road trip dengan kendaraan pribadi

Apa saja Langkah Minim Tertular COVID-19
Foto: Bp guide

Jika perjalanan bersama keluarga lebih baik menggunakan kendaraan pribadi saja. Tentu akan lebih nyaman dan aman karena tidak ada orang lain. Selain perjalanan sekeluarga dengan menggunakan kendaraan pribadi lebih hemat tentunya.

• Pilih obyek wisata yang terbuka

Foto: Pexels.com

 Berbagai macam obyek wisata dapat menjadi tujuan liburan di akhir tahun. Dalam keadaan Pandemi, sekarang ini, pilihan obyek wisata yang terbuka dan terhindar dari kerumunan.

• Test swab PCR/ rapid test antigen sebelum dan sesudah liburan

Foto: Semarangbisnis.com

Fasilitas ini ada di setiap stasiun dan lapangan udara. Ikuti sesuai prosedurnya, ya. Rapid test ini bukan sebagai pemeriksaan valid covid-19, namun sebagai skrining untuk membantu mengidentifikasi atau skrining diagnosis bila seseorang mungkin positif covid-19.

• Isolasi mandiri setelah liburan

Foto: News.detik.com

Setelah melakukan perjalanan liburan hendaknya melakukan isolasi mandiri selama dua Minggu. Dua Minggu merupakan waktu inkubasi virus di dalam tubuh. Dalam waktu itu tubuh akan memperlihatkan gejalanya jika terserang virus ini. Maka penting jika setelah bepergian untuk mengisolasi diri selama dua Minggu lamanya.

• Minum air cukup dan makan makanan bergizi

Langkah Minim Tertular COVID-19 yang bagus
Foto: Alodokter.com

Selama berlibur Takaiters harus tetap memperhatikan makanan yang dikonsumsi, agar daya tahan tubuh terjaga. Jangan lupa untuk banyak minum air putih, mengonsumsi vitamin, dan membawa hand sanitizer.

Berlibur sangat menyenangkan apalagi sudah direncanakan jauh hari. Namun karena keadaan perlu dipertimbangkan rencana tersebut. Bahaya virus siap mengancam jika kita tidak memperhati protokol kesehatan dan langkah-langkah langkah minim tertular COVID-19 tersebut.

Semoga covid-19 ini segera berlalu sehingga kita dapat bebas beraktivitas kembali seperti sedia kala. Selamat berlibur.