Sumatera Barat. Kekayaan kulinernya tiada habisnya. Soal rasa, sudah terkenal kelezatannya di seantero Indonesia tercinta. Selain rendang yang telah terkenal mendunia, ada satu makanan khas nan begitu menggoda siapapun yang melihatnya, dan anehnya selain di Minangkabau, makanan ini juga bisa kita jumpai di Negeri Jiran alias Malaysia.

Lamang, yapptt lamang, salah satu panganan yang bisa kamu dapatkan di Negeri Jiran selain di Minangkabau.

Lamang merupakan penganan dari beras ketan yang dimasak dengan bambu. Di Sumatera Barat biasanya beras ketan dicampur santan dan dimasukkan dalam buluh bambu kemudian dibakar diatas bara hingga matang sempurna, dan setelah matang, lamang siap disantap dengan tapai uli.

lamang tapai minang di malaysia
lamang tapai (Foto : segalamakan.com)

“Aroma lamang akan lebih wangi jika dibakar dengan bara. Rasanya juga lebih gurih jika dimakan dengan kuah tapai uli,” ungkap si penjual lamang di pasar Chowkit Kuala Lumpur.

Rusma adalah wanita asal Payakumbuh yang biasa berjualan lamang di pasar Chowkit, di Kuala Lumpur yang warung lamang yang terkenal adalah lamang Pak Ali yang bisa kita temukan di kawasan seberang Zoo Negara, Kuala Lumpur

PILIHAN EDITOR

Betapa tersohornya makanan khas tradisional minang ini di Malaysia. Yang berbeda adalah rasanya, kalau di Malaysia lamang dimasak tetap menggunakan buluh bambu, akan tetapi tidak menggunakan santan dalam adonannya.

lamang tapai minang di malaysia
lamang tapai (Foto : liputan6.com)

Untuk akhir pekan biasanya pengunjung lebih ramai mengunjungi warung lamang dari hari biasanya. Untuk hargapun sangat terjangkau sekitar 7 ringgit satu bambu. Lamang di Malaysia biasa dimakan dengan rendang.

” Kalau beli lamang Pak Ali biasanya disantap dengan rendang, kalau mau makan dengan tapai biasanya ya di pasar Chowkit ini, rasanya dijamin sama dengan Ranah Minang,” ujar si penjual lamang di pasar Chowkit sekalian mempromosikan lamang tapainya.

Nah, bagi perantau Minang yang merindukan lamang bolehlah mampir ke pondok pak Ali di kawasan Zoo Negara, Kuala Lumpur.