Halo, Takaiters!

Pernahkah kalian merasakan kantuk saat melakukan salat tarawih?Sehingga dalam pelaksanaan salatnya tidak bisa khusyuk. Alhasil, kalian bukan mendapatkan pahala melainkan malah merasa lelah.

Sangat disayangkan bukan, padahal salat tarawih ini hanya ada satu tahun sekali. Sayang sekali kalau kita hanya melewatinya dengan tertidur dan tidak melaksanakannya.

Sepertinya hal tersebut bukan hanya dialami oleh satu dua orang saja, bahkan kemungkinan besar sebagian orang juga pernah merasakannya. Mengantuk saat salat tarawih memang mengganggu kita dalam ibadah, kalian jadi tidak fokus dan khusyuk saat menjalankannya.

Oleh karena itu, kita harus segera bertindak. Jangan sampai rasa kantuk tersebut menghalangi kita untuk berkomunikasi dengan Allah SWT.

Berikut beberapa tips agar kalian terhindar dari mengantuk saat menjalankan sholat tarawih:

1. Menjauhi Perbuatan Dosa dan Maksiat pada Siang Hari

Foto: salamadian.com

Kata orang-orang pada bulan Ramadhan setan dibelenggu namun, kita tetap harus menjauhi perbuatan dosa. Ketika setan dibelenggu bukan berarti manusia terbebas dari godaan setan.

Menjaga diri dari perbuatan dosa di siang hari pada bulan Ramadhan akan membantu kita terjaga pada saat malam. Para ulama terdahulu mengatakan perbuatan dosa di siang hari merupakan penghalang utama shalat malam.

2. Mengatur Makan dan Minum Saat Berbuka Puasa

Foto: bidanku.com

Porsi makan yang tidak terkendali saat berbuka puasa menyebabkan perut kita bekerja sangat keras. Hal tersebut mengakibatkan tubuh merasa lelah, otak kita sulit berkonsentrasi, dan mengantuk. Memang saat berbuka puasa ketika melihat makanan, kita menjadi kalap dan makan terlalu banyak.

Semua makanan sangatlah enak, tapi perut yang kenyang membuat pergerakan tidak leluasa dalam menjalankan salat tarawih.Disarankan agar kalian makan takjil atau makanan-makanan ringan dan minum air putih saat berbuka. Dan dilanjutkan dengan makan besar sesudah salat tarawih.

3. Minum Air Putih Lebih Banyak

Foto: pexels.com

Untuk menghindari kekenyangan, makanlah secukupnya dan tidak kebanyakan. Sebagai gantinya minumlah air putih lebih banyak, baik itu air hangat maupun air dingin. Kalian juga bisa meminum air jahe agar tubuh kalian merasa hangat dan tidak mengantuk.

4. Jangan Bermalas-malasan Setelah Berbuka Puasa

Foto: merdeka.com

Jika kamu berpikir setelah berbuka puasa merupakan saatnya tidur dan bermalas-malasan, itu adalah kesalahan yang besar. Justru setelah berbuka puasa kamu perlu melakukan olahraga seperti senam ringan dan jalan-jalan. Ini adalah cara terbaik agar mata kamu melek dan segar.

5. Pergi Salat Tarawih ke Masjid Bersama Teman-Teman

Foto: grid.id

Sangat menyenangkan jika kamu mempunyai teman-teman yang bersemangat untuk berangkat bersama salat tarawih ke masjid. Dapat berbincang dan bercanda sepanjang jalan sehingga tidak merasakan kantuk. Jika perlu kalian memilih rute perjalanan yang jauh untuk ke masjid, sekalian berjalan-jalan melihat keramaian saat bulan Ramadan.

6. Memanfaatkan Istirahat Siang Sebaik Mungkin

Foto: idntimes.com

Saat istirahat siang usahakan dimanfaatkan sebaik mungkin, gunakan untuk tidur secukupnya.  Janganlah terlalu memaksakan diri untuk bekerja jika memang sudah waktunya untuk istirahat, khususnya pada bulan Ramadan.

7. Mandi dan Gosok Gigi Sebelum Tarawih

Foto: centralavedentalny.com:

Menyiram badan dengan air dapat membuat tubuh merasa segar. Selain menghilangkan rasa gerah setelah berbuka, mandi sebelum tarawih dapat membuat mata kita melek.

Selain mandi, sebelum tarawih ada baiknya kita juga menggosok gigi. Hal tersebut juga bisa menghilangkan bau mulut tidak sedap yang biasanya melanda orang-orang saat berpuasa. Menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung mint. Selain mulut menjadi segar kita pun jadi lebih melek.

Demikian beberapa tips sederhana supaya ketika menjalankan salat tarawih tidak mengantuk dan tetap semangat sampai selesai rakaat terakhir. Semoga dapat membantu, ya, Guys.