Hai, Takaiters!

Memiliki otak yang cerdas dan cemerlang adalah keinginan banyak orang. Namun, tentunya tidak serta-merta otak menjadi cerdas dalam seketika tanpa adanya perawatan secara berkesinambungan. Berbagai kebiasaan baik yang dijalani akan membantu otak menjadi lebih cerdas, lo. Simak kebiasaan apa saja yang bisa membuat otak menjadi lebih cerdas berikut ini!

1. Tidur dan Bangun Tidur Secara Teratur

Foto: pexels.com

Tubuh manusia memiliki “jam”, Guys. Artinya tubuh akan mengatur bagaimana menjaga keseimbangan sistem metabolisme tubuh agar lebih segar dan sehat sehingga pikiran menjadi lebih baik dalam mencerna informasi. Seseorang yang jam tidurnya kacau, biasanya tidak dapat berpikir dengan baik.

2. Biasakan Menggunakan Bagian Tubuh yang Kurang Dominan

Foto: bustle.com

Sebagian besar orang menggunakan tangan kanan untuk beraktivitas motorik halus maupun kasar. Nah, saat menulis, kamu bisa mencoba untuk menulis dengan tangan kiri atau sebaliknya, jika kamu terbiasa menulis dengan tangan kiri, cobalah untuk menulis dengan tangan kanan. Hal ini akan membantu menyeimbangkan fungsi otak kanan dan kiri, lo, Guys.

3. Rajin Membaca Berita dan Informasi

Foto: pexels.com

Suka membaca? Bagus! Membaca akan sangat membantu otak menjadi lebih cerdas, Guys! Apalagi jika bahan bacaan kamu adalah berita atau informasi yang bisa didapatkan dengan mudah saat ini baik dari media cetak maupun online. Sering membaca atau melihat berita sangat  bermanfaat untuk mengasah kemampuan menganalisis setiap berita yang ada.

Menjadi seseorang yang terus meng-update informasi tentunya sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Hehe, Senang aja, kan, kalau ada orang yang bertanya tentang apa pun dan kamu bisa menjawabnya dengan baik? Jangan sampai ada istilah kudet alias kurang update, deh!

Isi TTS

Foto: nme.com

Eits, jangan salah! Kegiatan mengisi TTS atau permainan kata Teka Teki Silang, sangat bermanfaat bagi otak, lo, Guys! Kinerja otak akan terpancing untuk berpikir mencari kata yang tepat sama dengan mengolah data dalam otak. Mengisi TTS bahkan disebut sebagai “olahraga otak”.

Beberapa tahun lalu, TTS dalam bentuk buku kecil tipis dengan sampul yang menarik perhatian adalah hal yang mencolok dari buku TTS. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, TTS kekinian dapat dengan mudah kamu jumpai dalam bentuk games yang bisa dimainkan di gawai kamu.

Main Game

Foto: livemint.com

Wah, kalau ini, sih, sudah banyak yang merasa ahli, ya! Nah, Guys, games yang kamu mainkan ternyata berpengaruh juga terhadap kecerdasan otak kamu, lo! Pilihan games yang dimainkan akan melibatkan kemampuan berpikir membantu dalam fungsi kreativitas dan kemampuan berpikir cepat.

Pernah menonton film Ready Player One? Nah, dalam film ini diperlihatkan betapa tokoh-tokohnya diharuskan untuk terus berpikir cepat agar dapat mengambil keputusan terbaik. So, main game, oke banget lah, ya, Guys!  Tetapi jangan lupa, keasyikan main game juga berbahaya bagi kesehatan. Tentukan waktu untuk bermain game agar tidak terlalu lama memainkan game di gawai.

Aktif dalam Kegiatan Organisasi

Foto: unsplash.com

Cerdas itu bukan hanya tentang IQ, Guys, namun juga ada EQ dan SQ bahkan multiple intelligence, atau kecerdasan berganda. IQ sendiri atau Intelligence Quotient berkaitan dengan pengetahuan intelenjensi. Ada banyak cara untuk meningkatkan kecerdasan dalam bidang pengetahuan.

Nah, untuk mengaktifkan EQ (Emotional Intelligence) dan SQ (Spiritual Intelligence) membutuhkan kamu untuk lebih banyak beraktivitas dalam bidang sosial dan keagamaan. Caranya bisa dengan berkumpul dengan teman-teman kamu untuk melaksanakan bakti sosial misalnya, atau melakukan kegiatan keagamaan. Bisa juga melakukan keduanya bersamaan.

Belajar Memainkan Alat Musik, Melukis, atau Membuat Prakarya

Foto: song-words.com

Bagi orang-orang yang tidak mampu memainkan alat musik atau tidak memiliki keahlian seni, melihat orang-orang yang ahli dalam hal seni dapat menjadi hal yang menghibur hati. Nah, kalau kamu tertarik untuk mencoba memainkan alat musik, melukis atau menggambar dan juga membuat prakarya, kenapa tidak mencobanya? Mencari tutorialnya sekarang sudah sangat dipermudah. Atau bisa bisa juga kamu kembangkan sendiri. Siapa tahu, kamu justru menemukan bakat terpendam kamu, Guys!

Sekarang tinggal kamu coba, Guys! Jangan lupa, mengaktifkan kinerja otak agar menjadi lebih cerdas dengan cara ini juga bisa membuat kamu merasa bahagia, lo! Selamat mencoba, ya!