Hai, Takaiters!

Saat musim hujan pastinya segala aktivitas akan menjadi terkendala. Apalagi untuk aktivitas yang dilakukan di luar ruangan. Bagi yang tidak memiliki kendaraan sendiri, kegiatan harian yang rutin dilakukan seperti berangkat kerja, berangkat kuliah, belanja ke pasar, antar jemput anak dan sebagainya rentan sekali terkena guyuran hujan. Akibatnya tubuh menjadi kedinginan.

Tubuh yang terus-terusan terkena hujan akan rentan sekali masuk angin dan bahkan bisa-bisa sakit. Kepala juga akan terasa berat yang dampaknya akan menjadi pusing, pilek dan flu. Untuk menyiasatinya kamu bisa lakukan tips berikut agar stamina tubuh tetap terjaga meski berkali-kali kehujanan. Apa saja tipsnya? Kita intip, yuk!

Mandi Air Hangat

Foto: lampungpost.co

Tubuh yang kehujanan akan menggigil kedinginan, agar tidak mudah masuk angin, sebaiknya segera mandi dengan air hangat. Guyur dari ujung rambut hingga ujung kaki. Guyuran air hangat di kepala akan membuat kepala menjadi ringan, tidak terasa berat seperti pada saat kehujanan. Jika tidak segera mandi dengan air hangat takutnya akan menjadi pusing dan meriang. Air hangat yang mengguyur tubuh juga akan membuat metabolisme tubuh membaik.

Gosok Tubuh dengan Minyak Angin

Setelah mandi dengan air hangat, gosoklah tubuh dengan minyak angin agar tubuh tetap tejaga kehangatannya. Di samping itu minyak angin juga dapat mencegah masuk angin dan mengurangi pusing akibat kehujanan. Gosoklah minyak angin pada tengkuk leher, perut, punggung, dan telapak kaki karena bagian-bagian tersebut adalah bagian yang rentan dengan pemicu sakit atau meriang.

Pakailah Baju Hangat

Foto: pixabay.com

Pilihlah baju yang berbahan hangat agar tubuh tidak menggigil lagi. Melapisi baju dengan memakai jaket juga sangat dianjurkan agar kehangatan tetap terjaga.

Pakailah Kaos Kaki

Foto: pinterset.com

Kaki yang kedinginan sangat cepat memicu masuk angin dan mual. Untuk itu sebaiknya gunakan kaos kaki agar telapak kaki kamu tetap hangat.

Jangan Biarkan Perut Kosong

Foto: fimela.com

Akibat kehujanan badan akan menjadi dingin dan menggigil akibantya perut juga akan terasa kembung. Jika tidak segera diisi takutnya tubuh akan drop karena masuk angin dan meriang. Segeralah makan dan minum dengan makanan dan minuman yang bisa menghangatkan tubuh Makanlah makanan berkuah panas dan minuman hangat seperti teh manis hangat, jahe susu atau minuman hangat lainnya. Jika tubuh sudah terisi dengan makanan dan minuman, maka tidak akan mudah masuk angin.

Takaiters, Meski aktivitasmu padat di luar ruangan saat musim hujan tiba, tetapi kamu tidak perlu khawatir lagi akan terkena sakit atau masuk angin akibat kehujanan. Kamu bisa lakukan tips di atas, ya, Guys? Gimana? Tidak takut lagi kehujanan, bukan?