Lakukan 5 Langkah Ini Saat Hubungan Mulai Hambar Dengan Pasanganmu

Hai, Takaiters!

Dalam menjalin hubungan dengan pasangan baik yang masih tahap pacaran ataupun yang sudah membina rumah tangga, pastinya kamu pernah mengalami adanya rasa hambar dalam hubungan atau tidak cinta lagi terhadap pasangan kamu.

Jika hal tersebut dibiarkan terus-menerus pastinya akan membawa dampak negatif dalam hubungan kamu. Bisa jadi kamu putus dengan pasangan kamu atau akan terjadi perceraian bagi kamu yang sudah berkeluarga.  Tentunya kamu tidak mau jika hal itu terjadi, bukan?

So, apa aja sih yang bisa kamu lakukan saat kamu tidak cinta lagi dengan pasangan? Yuk, simak langkah yang bisa kamu lakukan saat hubungan mulai hambar dengan pasangamu berikut ini, ya!

1. Bertanya Pada Diri Sendiri

saat hubungan terasa hambar
Foto: tribunnews.com

Sebelum kamu mengungkapkan pada pasangan kamu bahwa kamu sudah tidak cinta lagi dengannya, ada baiknya kamu menanyakan pada diri kamu sendiri apa kamu benar-benar tidak cinta lagi terhadap pasangan kamu.

Mengapa? Karena takutnya kamu terlalu cepat menyimpulkan rasa kamu saja dimana kamu sebenarnya masih mencintai pasangan kamu hanya saja rasa bosan atau stres yang lebih mendominasi hati kamu.

2. Bicarakan Dengan Pasangan

ketika hubungan terasa hambar
Foto: kumparan.com

Membicarakan dengan pasangan bukan berarti kamu bicara blak-blakan tentang perasaan kamu yang merasa sudah tidak cinta lagi dengannya. Hal ini tentu saja akan menghancurkan hati pasangan kamu.

Sebaiknya kamu bicara dari hati ke hati apa yang sedang kamu rasakan dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan pasangan kamu dengan begitu kamu akan merasa lega dan juga pasangan kamu pasti akan memberikan solusi yang terbaik.

3. Merubah Kegiatan Yang Monoton

atasi hubungan yang hambar
Foto: idntimes.com

Rasa yang kamu pikir sudah tidak cinta lagi bisa jadi karena rasa bosan atau stres. Jika memang demikian, kamu dan pasanganmu sebaiknya merubah kegiatan  yang dirasa monoton dan membosankan. Sesuatu yang sudah dirasa monoton pasti akan menimbulkan rasa bosan. Pastinya itu akan mempengaruhi perasaan kamu pada pasangan. Sebelum rasa bosan itu terlanjur menjadi rasa tidak suka, maka cari dan lakukan sesuatu yang akan meminimalisir munculnya rasa bosan.

4. Melakukan Hal-hal Baru Yang Menyenangkan Dengan Pasangan

Foto: cermati.com

Untuk terus memupuk rasa cinta ada baiknya kamu  melakukan ha-hal baru yang bervariasi dengan pasangan agar hubungan yang sudah terjalin tetap menyenangkan. Kamu bisa mencoba hobi yang disukai pasangan kamu dan begitu juga sebaliknya. Lakukan itu dengan sungguh-sungguh dan tunjukan bahwa kamu mendukung hobi pasangan kamu.

Kamu juga bisa bersama-sama pasanganmu mencoba sesuatu yang baru yang tidak pernah kamu lakukan selama berkeluarga. Momen tersebut pasti akan selalu terkenang dan berkesan sepanjang hidup kamu. Sehingga akan mengurangi kebosanan dan kejenuhan dalam menjalani hubungan yang sudah lama terjalin.

5. Libatkan Anak-anak Bagi Yang Sudah Berkeluarga

Foto: seva.id

Melibatkan anak-anak dalam beberapa kegiatan juga perlu. Seperti meluangkan untuk famliy time. Hal itu dimaksudkan agar masing-masing pasangan selalu ingat bahwa ada anak yang sangat membutuhkan keberadaan orang tuanya. Jika kedua orang tua harmonis maka anak-anak akan merasa nyaman.

Mereka merasakan perhatian, kasih sayang dan juga dukungan moral yang kuat dari orang tuanya. Timbal baliknya mereka akan selalu mengupayakan kerukunan orang tuanya sehingga dengan demikian akan menjadi benteng manakala ada rasa jenuh atau bosan yang melanda.

6. Mendekatkan Diri Pada Sang Pencipta

Foto: myinfomasi.com

Saat kamu dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang kamu tidak bisa mengatasinya sendiri, berdoa adalah langkah yang paling mujarab. Yakinlah bahwa yang membolak balikkan hati adalah Tuhan, maka mintalah pada Tuhan agar hati kamu yang sudah tertaut pada pasangan kamu tetap dijaga keutuhannya.

Jika memang Tuhan masih menghendaki cinta kamu dan pasangan utuh, maka kamu pun akan mampu melewati semua ujian itu.

So, Takaiters, jangan pernah terburu-buru untuk mengatakan kamu tidak cinta lagi dengan pasangan kamu, apalagi sampai ingin meninggalkannya, ya? Karena kamu masih bisa melakukan banyak langkah untuk memastikan perasaan kamu itu. Upayakan dan usahakanlah yang terbaik sebelum kamu memutuskan sesuatu untuk mengatasi perasaan saat hubungan mulai hambar.