Hai, Takaiters!

Di bulan suci Ramadan ini, kamu tentunya fokus untuk berpuasa dan beribadah. Namun, tahukah kamu kalau kulit kamu juga butuh perhatian lebih? Kulit bisa berisiko kering dan kusam karena berkurangnya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh selama berpuasa. Yuk, simak langkah-langkah ini agar kulit wajah kamu tetap terawat saat berpuasa!

1. Minum Air Putih yang Cukup

Sumber: pexels.com

Saat berpuasa, kamu tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Kulit bisa saja tidak terhidrasi dengan baik, jadi kamu harus memperhatikan jumlah air yang diminum. Gunakan rumus 2-4-2, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas malam hari, dan 2 gelas saat berbuka puasa. Dengan menjaga asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh, kulit kamu akan tetap terjaga kelembabannya.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Sumber: pexels.com

Agar kulit kamu tetap terawat, kurangi makan junk food dan beralih ke buah dan sayur. Kamu bisa konsumsi buah-buahan dengan kadar air dan vitamin C yang tinggi seperti semangka, kiwi, jeruk, dan tomat.

Beberapa jenis sayur juga bisa kamu dapatkan dengan mudah, bayam, contohnya. Tak hanya mengandung air dan antioksidan yang baik untuk manghidrasi kulit, bayam juga mengandung vitamin A dan C yang dapat membantu proses perbaikan kulit kamu.

3. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Foto: facetofeet.com

Berpuasa bukan alasan untuk kamu bermalas-malasan, ya. Membersihkan wajah secara rutin dapat mempertahankan agar kulit kamu tetap terawat. Pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Jika khawatir kulit wajah menjadi kering, kamu bisa mengganti sabun pencuci wajahmu dengan micellar water.

4. Pakai Pelembab dan Tabir Surya

Foto: editorial.femaledaily.com

Untuk mencegah kulit kering, kamu wajib banget pakai pelembab wajah. Pilihlah moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit kamu lalu lanjutkan dengan sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit kamu. Walaupun di rumah saja, sinar matahari masih bisa masuk ke dalam rumah, lo. Jadi tabir surya sangat penting untuk mencegah timbulnya flek hitam.

5. Gunakan Masker

Sumber: pexels.com

Saat weekend, kamu bisa gunakan waktu senggangmu untuk melakukan perawatan mingguan. Lakukan eksfoliasi dengan scrub untuk mencegah datangnya komedo dan mengangkat sel kulit mati. Setelah itu, lanjutkan dengan pemakaian masker. Dengan maskeran, kulit wajah kamu akan senantiasa lembab dan segar.

Nah, Takaiters, itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan agar wajah tetap terawat selama berpuasa. Lakukan dengan konsisten, maka kulit wajah kamu akan selalu tampak segar, sehat, dan glowing. Selamat berpuasa!