Loha, Takaiters!

Penggunaan plastik sudah menjadi bagian sehari-hari bagi kehidupan manusia. Bahannya yang ringan dan praktis membuat pemakaian semakin meningkat setiap harinya. Meningkatnya pengguna plastik, menimbulkan banyak sekali bahaya yang mengintai. Plastik menjadi salah satu penyebab terbesar kerusakan lingkungan dan Indonesia penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia.

Sebagai generasi muda, kita tidak boleh hanya menutup mata. Sudah waktunya kita melakukan aksi nyata akan dampak bahaya plastik. Inilah alasan kenapa penggunaan plastik harus dikurangi.

1. Bumi Kita Sudah Terlalu Kotor dan Penuh Polusi

Foto: artikel.rumah123.com

Pada kenyataannya, bumi kita sudah terlalu tua dan kotor. Tidak terhitung berapa banyak polusi yang disebabkan oleh pabarik-pabrik, kendaraan, dan limbah rumah tangga. Jika diibaratkan manusia, bumi ini keadaannya sudah sangat tua dan disertai penyakit kronis dan sampah adalah salah satu penyebabnya.

Sebelum terlambat, selama masih bisa dilakukan pencegahan, kita harus mengurangi pemakaian plastik secara berkala. Demi masa depan bumi lebih baik.

2. Merusak Ekosistem Bumi

Foto: twitter.com

Akhir-akhir ini pasti kalian tidak asing mendengar berita banyak hewan laut yang mati secara mendadak. Mirisnya, mereka mati karena keracunan limbah plastik. Banyak ditemukan sampah plastik di dalam tubuhnya seperti plastik, botol minuman, sampai sandal jepit. Ini semua terjadi karena ulah manusia.

Ada 12,7 juta ton sampah plastik yang berakhir di laut. Sampah-sampah itu mengendap dan merusak keseimbangan ekosistem laut. Tidak mengotori, tapi juga membunuh hewan-hawan laut secara perlahan.

3. Butuh Waktu Ratusan Tahun untuk Sampah Plastik Agar Kembali Terurai

Foto: news.google.com

Membutuhkan waktu ratusan tahun untuk bisa membuatnya terurai kembali. Bayangkan, berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengurai semua sampah yang dihasilkan manusia? Untuk saat ini banyak sekali plastik yang ramah lingkungan. Nah, Guys, mulai sekarang lebih bijak lagi dalam menggunakan plastik untuk bumi lebih baik.

4. Pencegahan Menghancurkan Bumi Secara Perlahan, dengan Gerakan Mengurangi Plastik

Foto: Lazuardi.high.sch.id

Kita sebagai kaum muda, tidak boleh acuh dan tidak peduli dengan penggunaan plastik, karena kerusakan dan kehancuran bumi hanya menunggu waktu saja. Mungkin dalam beberapa puluh tahun kedepan, lautan akan semakin kotor, kualitas air akan semakin buruk, dan hewan perlahan akan mati. Melihat kerusakan itu, manusia hanya akan menyesal.

Kurangi secara berkala mulai dari sekarang. Misalnya, mengganti kantung plastik dengan tote bag, membawa botol minuman, dan mengganti alat makan plastik dengan bahan yang ramah lingkungan.

Nah, Guys, memulai langkah kecil menyelamatkan bumi, dimulai dari hal kecil maka berlanjut jadi hal besar. Semoga bermanfaat.