Halo, Takaiters!

Di antara kamu, siapa, sih, yang nggak suka masakan enak? Pastinya semua tunjuk jari dong, ya. Tapi apakah semua yang suka makanan enak juga suka makanan sehat, seperti salad misalnya?

Banyak jenis salad tapi mungkin nggak banyak yang suka, karena rasanya kurang nendang atau pas di lidah orang Indonesia. Kali ini, Takaitu akan menyuguhkan 3 salad yang pas di lidah orang Indonesia, enak, sehat, dan bikinnya gampang karena punya 1 jenis dressing saja. Yuk, disimak langsung!

1. Pasta Salad

Foto: geniuskitchen.com

Salad tidak hanya salad buah, lho. Salad bisa dibuat dari berbagai jenis sayuran, buah dan dressing. Nah, kalau kamu suka pasta tapi juga ingin makanan sehat seperti salad, pasta salad ini pantes untuk dicoba. Mudah dan enak.

Intinya, kamu masak pastanya dulu sampai matang atau al dente (sesuai selera). Lalu siapkan mangkok besar, masukkan dedaunan (rucola, daun selada air, bayam misalnya), sayuran rebus (brokoli dan wortel), lain-lainnya (ketimun, paprika, irisan tipis bawang merah bombay, alpukat ,dan tomat ceri). Cuci semua bahan dengan bersih ya, lalu keringkan.

Lalu, nanti tinggal masukkan pastanya. Nah, gimana dengan dressingnya? Dressing yang paling gampang dan universal adalah campur 6 sdm virgin olive oil, 3 sdm perasan air lemon/jeruk nipis, garam, dan merica secukupnya. Campur dulu di dalam mangkok kecil, lalu tuangkan di atas pasta dan sayuran tadi.

Tahukah Takaiters? Untuk menambah enaknya pasta salad ini, tentu saja kamu bisa menambahkan sobekan-sobekan keju mozzarella, keju feta (bukan keju cheddar ya), atau sosis goreng yang sudah diris-iris. Plus irisan buah zaitun hitam (opsional). Coba deh, rasanya segar, ringan, sehat, enak, dan yang penting sehat. Pas juga untuk dibawa sebagai bekal makan siang.

Pilihan Editor


2. Couscous Salad dengan Ayam Cincang ala Thailand

Foto: dokumentasi pribadi

Namanya, sih, panjang ya, tapi masaknya gampang dan rasanya enak banget (catatan : siapa yang nggak kenal dan nggak suka masakan Thailand?)

Bahannya adalah couscous, salah satu jenis karbohidrat ringan yang banyak dikonsumsi banyak orang di Afrika Utara. Kayaknya juga sudah ada di Indonesia. Nah, couscousnya dimasak sesuai dengan petunjuk di kemasan. Lalu, siapkan dedaunan (seperti yang tadi sudah disebutkan di atas), irisan ketimun, paprika, tomat ceri dan buah zaitun hitam. Campur di dalam sebuah mangkok saji.

Nah, untuk ayam cincang ala Thailand ini, siapkan 400 gram ayam cincang. Goreng dengan minyak sedikit (atau bahkan tanpa minyak), sampai kecoklatan (sampai matang). Masukkan irisan serai, daun jeruk nipis, daun bawang, dan cabe (sesuai selera, ya). Kemudian masukkan 4 sdm perasan air lemon / jeruk nipis, dan 2 sdm kecap ikan. Koreksi rasa. Bisa juga dikasih topping irisan daun bawang dan irisan daun jeruk nipis. Kalau sudah matang semua, silakan dicampur ke couscous dan sayuran tadi.

Dressingnya? Sama saja. Minyak zaitun, perasan jeruk lemon/nipis, garam dan merica.

3. Salad Tuna (Nicoise)

Foto: dokumentasi pribadi

Yang terakhir adalah salad yang pake ikan tuna. Siapa, sih, yang nggak suka ikan (kecuali yang alergi, ya)? Yuk, bikin salad ini, dijamin ketagihan. Bikinnya tak kalah gampang.

Iris bawang putih dan bawang merah, lalu tumis (minyak sedikit/tanpa minyak) sampai layu. Sambil menunggu layu, rebuslah telur (sesuai dengan porsi). Lalu, siapkan bahan salad yaitu dedaunan, ketimun, paprika, tomat ceri, dan buah zaitun hitam di dalam mangkok saji. Masukkan tuna kaleng ke dalamnya. Aduk rata.

Jika bawang sudah layu, masukkan ke dalam mangkok saji, juga telur rebus yang diiris-iris sesuai selera. Buat dressing yang sama dengan dua salad sebelumnya. Aduk rata. Sajikan.

Tips : bisa juga disajikan dengan kentang goreng (french fries) atau hashbrown.

Nah, itu dia 3 salad sehat  1 dressing. Yuk, cobain, deh, dijamin sehat dan enak. What could be better?