Hi, Takaiters!

Sebagai sebuah kota yang berada di dataran tinggi, udaranya yang sejuk dan banyaknya beragam tempat wisata telah membuat Malang menjadi salah satu kota tujuan wisata yang paling digemari di tanah air. Dan seperti halnya kota wisata lainnya, di Malang juga ada banyak beragam kuliner yang mampu membuat lidah bergoyang.

Salah satu kuliner kota Malang yang paling dicari adalah bakso yang terkenal akan racikan bahan dan bumbunya yang sangat lezat. Namun ternyata kuliner di Malang tak cuma bakso lho Guys, banyak kuliner legendaris Malang lain yang tak kalah enak untuk dinikmati. Penasaran? Yuk simak uraiannya berikut ini.

  1. Bakso Malang

kuliner legendaris malang 2019
Foto: iNews.id

Susana kota yang sejuk, membuat kuliner yang satu ini sangat pas untuk dinikmati. Oleh karena itu tak heran jika di sini akan dapat dijumpai banyak sekali penjual bakso.

Namun dari sekian banyak kedai bakso yang ada, kedai bakso President merupakan salah satu yang selalu menjadi tujuan para pemburu kuliner. Selain itu ada juga kedai bakso Damas, bakso Bakar, bakso Cak Man dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Es Krim Toko Oen

tempat kuliner legendaris malang
Foto: satyawinnie.com

Siapa bilang di kota sejuk tak ada penjual es? Di Malang ada sebuah toko es krim jadul yang sangat terkenal, dan selalu ramai dikunjungi. Uniknya, toko es krim ini telah berdiri sejak Zaman Belanda lho Guys. Namanya toko Oen.

Di sini selain menikmati es krim, kalian juga dapat menikmati beberapa  menu lain seperti nasi goreng, steak, dan aneka kue kering.

  1. Ketan Legenda

kuliner legendaris kota malang
Foto: brisik.id

Kuliner ini termasuk deretan kuliner legendaris di Malang, yang berdiri sejak tahun 1967. Ketan Legenda adalah jajanan ketan yang disajikan dengan berbagai macam tambahan topping kekinian seperti coklat bubuk, keju, susu, durian, pisang, dan ayam. Sebagai catatan agar kalian tidak kecewa saat berkunjung ke sana, kedai ini hanya buka dari pukul 3 sore hingga pukul 3 dini hari.

  1. Cwie Mie

tempat kuliner legendaris di malang
Foto: style.tribunnews.com

Makanan yang satu ini sebenarnya sih asli dari Tiongkok. Warga etnis Tiongkok yang menetap dan menjadi warga negara yang sah di kota Malanglah yang memperkenalkan pada masyarakat umum, sehingga lambat laun kuliner ini pun menjadi salah satu makanan yang juga dikenal dan digemari oleh masyarakat kota Malang.

Sebenarnya kuliner ini sama saja dengan makanan olahan mie yang lainnya, hanya saja Cwie Mie ini menggunakan ukuran mie yang lebih kecil dari mie pada umumnya. Mie ini kemudian akan disajikan dengan daging ayam cacah, kuah kaldu yang lezat, serta taburan bawang goreng dalam keadaan hangat.

  1. Soto Lombok

Foto: ngalam.co

Meski namanya soto Lombok, namun makanan ini aslinya dari Malang. Nama Lombok itu sebenarnya berasal dari nama jalan di mana kedai soto ini berada. Untuk porsinya, Semangkuk soto Lombok biasanya disajikan dengan isian berupa daging ayam, potongan kentang, sayur kol, tauge, dan telur rebus. Ciri khasnya ada pada kuahnya yang kental karena ditambahkan bubuk koya pada saat disajikan.

  1. Rawon Nguling

Foto: datawisata.com

Hampir tiap daerah di Pulau Jawa memiliki kuliner khas rawon. Di Malang, masyarakat menyebutnya rawon Nguling. Makanan ini merupakan makanan olahan daging sapi di dalam kuah kental hitam. Rawon Nguling ini terasa istimewa karena potongan dagingnya lebih kecil dan empuk saat dikunyah tanpa ada perlawanan.

  1. Pecel Kawi

Foto: piknikman.com

Bukan hanya kota Madiun saja yang terkenal akan pecelnya. di Malang juga ada pecel  legendaris yang sudah ada sejak tahun 1979. Olahan pecel Kawi ini berbeda dari pecel lainnya karena menggunakan nangka muda dan nasi putih, meski isian dan bumbunya tetap sama seperti pecel-pecel lainnya.

  1. Sate Kelinci

Foto: malang.merdeka.com

Sate Kelinci termasuk kuliner yang kerap dicari wisatawan yang ada di kota Malang. Seperti namanya, sate kelinci ini berbahan dasar daging kelinci. Ya binatang yang satu ini memang banyak ditemui di daerah dataran tinggi yang sejuk. Memiliki daging yang lembut, membuat sate kelinci memiliki banyak penggemar.

Nah Bagaimana, Takaiters? Ingin mencobanya Kuliner Legendaris Malang? Yuk segera direalisasikan!