Hai, Takaiters!

Sumatera Barat terkenal dengan objek wisata alam yang memukau. Wisata pantai yang eksotis membuat kita betah berlama-lama di bumi minang ini.

Tidak hanya itu, masakan khas Minang ini juga sangat menggugah selera seperti Rendang. Siapa yang tidak tahu dengan makanan yang terbuat dari daging sapi ini. Rasanya yang lezat dan gurih menciptakan rasa tersendiri bagi setiap orang yang menikmatinya.

Apabila Takaiters berkunjung ke Ranah Minang, tidak hanya rendang yang terkenal dari provinsi ini yang bisa kamu nikmati, tetapi ada beberapa makanan khas lain yang tidak kalah menggoda. Nah, 5 makanan khas ini wajib kamu cicipi juga, ya.

1. Nasi Kapau Bukittinggi

Foto: liputan6.com

Bukittinggi terkenal dengan julukan kota wisata. Jam gadang salah satu daya tarik kota ini. Jika Takaiters singgah ke Bukittinggi, tak ada salahnya menikmati kuliner wajib yang satu ini. Tepatnya di pasar lereng, Bukittinggi.

Konon cerita nasi kapau itu berasal darai Nagari Kapau dan tidak sembarang orang, lo, bisa membuat nasi kapau ini. Rasanya yang sangat enak, ditambah bumbu rempah khas Minang membuat sayang jika ke Ranah Minang tidak mencoba. Ciri khas kapau itu sayurannya terbuat dari nangka (gulai cubadak) dan kol dilengkapi jengkol dengan lauk tambusu atau boleh dipilih sesuai selera. Kalau orang luar Sumatera Barat menyebutnya dengan istilah nasi padang. Bagaimana Takaiters? pasti tergoda dong untuk menyicipi nasi kapau ini.

2. Lamang Tapai

Foto: tokopedia.com

Pernah mendengar makanan lamang tapai? Ya, ini merupakan makanan khas Batu Sangkar. lamang terbuat dari ketan yang dimasak di dalam bambu. Sedangkan tapai ketan hitam yang di kukus dalam daun pisang menggunakan ragi. lamang yang dipadukan dengan tapai rasanya sangat gurih. Di makan dengan durian juga nggak kalah lezat.

3. Palai Bada

Foto: picswe.com

Palai bada juga makanan khas Minang, yang terbuat dari teri basah dicampur kelapa parut. Bumbu rempah yang khas dan rasa pedas menggugah selera, terasa lebih lengkap jika dinikmati dengan nasi panas.

4. Paragede Jaguang

Foto: bellazoditama.wordpress.com

Orang luar Sumatera Barat menyebutnya perkedel jagung. Makanan khas padang panjang ini, dapat kita temui di dekat lembah Anai, Jika Takaiters melewati jalan Padang- Bukittinggi di sekitaran sebelum lembah anai, akan ditemui para penjaja paragede ini. Camilan yang satu ini sayang kalau dilewatkan.

5. Pensi

Foto: travel.tempo.co

Pensi sejenis kerang air tawar yang ditemui di Danau Maninjau. Kalau kita berkunjung ke sana, akan banyak ditemui jajanan ini di sepanjang jalan menuju Danau. atau di pasar tradisional Agam. Pensi bercita rasa pedas dan ada juga yang biasa dengan sedikit kuah dan daun bawang, memiliki rasa dan aroma yang khas.

Nah, Takaiters, banyak bukan makanan-makanan khas Ranah Minang? Selamat Mencoba!