Hallo, Takaiters!

Budaya India dan Indonesia sekilas punya banyak kemiripan dalam banyak hal, musik, tarian, hingga makanan khasnya. Sebagai Negara penghasil rempah-rempah, kuliner India maupun Indonesia identik dengan banyak bumbu dan rempah-rempah yang sangat variatif. Tak heran jika kulinernya pun punya banyak kemiripan meski diolah dengan cara yang berbeda dengan nama yang berbeda pula.

Mau tahu kuliner khas India Vs Indonesia yang punya banyak kemiripan dan sama-sama mendunia? Takaitu akan mengupasnya lebih mendalam.

1. Samosa Vs Pastel

Kuliner khas Indonesia mirip india
Foto: Grid.id

Samosa ini kulitnya hampir mirip seperti pastel, Guys. Kulit atau cangkangnya terbuat dari tepung terigu dengan isian kentang atau daging. Namun kulit samosa tidak selalu dibuat dari tepung terigu, bisa juga menggunakan wheat flour untuk bahan membuat chapatti..Pastel di Indonesia variant isinya adalah sayur-sayuran, kentang, dan daging.

Selain berbeda varian, perbedaan paling mencolok antara samosa dengan pastel adalah pada bentuknya yang unik. Samosa berbentuk segitiga sedangkan pastel berbentuk setengah lingkaran. Samosa dan pastel bercita rasa gurih dengan tekstur yang renyah.

2. Pakora vs Bakwan

Kuliner khas Indonesia mirip india
Foto: harighotra.co.uk dan resepkoki.id

Takaiter penggemar gorengan pastinya tidak asing dengan bakwan. Cemilan yang terbuat dari adonan tepung terigu, sayur-sayuran, dan jagung, ini bisa kita temukan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Di India cemilan ini bernama Pakora.

Menggoreng  Pakora hampir mirip dengan bakwan, hanya saja di India tepung yang digunakan adalah tepung besan, bukan tepung terigu. Cara membuatnya bahan sayur-sayuran diberi tepung besan, lalu digoreng. Bisa juga kentang yang diiris-iris lalu dicelupkan ke dalam tepung besan berbumbu, kemudian di goreng.

Pakora dan Bakwan termasuk makanan yang bisa mengenyangkan karena mengandung karbohidrat. Bakwan biasanya disajikan dengan cabai rawit dan sambal. Sedangkan Pakora akan terasa lebih nikmat jika dicocol dengan saus sambal pedas atau lalapan cabe hijau besar yang digoreng lebih dulu.

3. Papad vs Kerupuk

Kuliner khas Indonesia mirip india
Foto: elightfoods.com dan ndtvimg.com

Papad atau lebih sering disebut Papad adalah sejenis keripik yang  bentuknya bundar, sangat tips, kadang bisa dilipat, dan beraroma sangat harum. Meskipun bentuknya seperti kerupuk, namun sebenarnya Papad termasuk golongan float bread ya, Guys. Papad sering disebut juga dengan Indian Wafer.

Bentuk mentah Papad sangat mirip dengan kerupuk singkong atau opak. Papad dibuat dari Tepung beras, biji urad, dan diberikan tambahan jintan, merica hitam, atau cabai merah. Kerupuk  di Indonesia biasanya dimasak dengan cara digoreng, namun Papad dimasak dengan cara dipanggang diatas bara api atau bisa juga digoreng. Bagian pinggir Papad yang sedikit gosong Akan membuat aromanya lebih wangi loh,Guys.

Pilihan Editor



4. Dosa vs Crepes

Kuliner khas Indonesia mirip india
Foto: youtube dan cloudfront.net

 

Takaiter semua pasti lebih suka melakukan Amal baik daripada berbuat dosa. Jika di Indonesia kita berusaha menghindari dosa, di India dosa justru menjadi cemilan yang sangat lezat loh, Guys. Lho, kok bisa? Jangan salah, Dosa adalah makanan khas India yang sangat terkenal. Di Indonesia Dosa ini sangat mirip seperti crepes.

Dosa biasanya disajikan untuk menu sarapan terutama di India selatan. Dosa biasa dimakan dengan cocolan sambar, Wet Chutney, Mudha Pappu, dan lain sebagainya. Sedangkan Crepes di Indonesia adalah cemilan manis yang dibuat dari Tepung terigu dan susu Cair dengan variant isi pisang, Selai coklat, susu, keju, Choco chips, dan lain sebagainya.

5. Vada vs Donat

Kuliner khas Indonesia mirip india
Foto: archanaskitchen.com dan sndimg.com

Vada adalah makanan khas India yang bentuknya sangat mirip dengan donat, berbentuk bulat dengan lubang kecil ditengahnya. Vada terbuat dari kacang daal, bawang Bombay, cabai, dan jintan yang dicampur dengan adonan terigu lalu digoreng hingga matang.

Jika di Indonesia donat memiliki rasa yang manis dengan berbagai varian di atasnya, Vada India justru tidak manis loh, Guys. Vada rasanya gurih dan lezat.

6. Tika Masala vs Kari Ayam

Kuliner khas Indonesia mirip india
Foto: greatbritishchefs.com dan tokomesin.com

Tika Masala adalah kuliner khas India dan Pakistan. Cara mengolahnya sama persis dengan kari ayam khas Indonesia. Tika Masala biasanya dimasak dengan yoghurt, cream, dan tomat Sehingga warnanya terlihat oranye. Tika Masala punya cita rasa kari yang sangat kuat. Membuatnya pun sangat mudah. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Itulah 6 makanan khas dari India yang sangat mirip dengan makanan khas orang Indonesia. Jadi, buat kamu penggemar Bollywood nggak perlu jauh-jauh ke India untuk makan Samosa, Dosa, Halwa, Papad, Vada, dan Tika Masala, ya, Guys. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.