Hai, Takaiters!

Seperti yang kita tahu, setiap daerah memiliki keunikannya sendiri, ya. Baik dari budaya, tradisi, dan keelokan wisata yang ada di daerah tersebut. Nah, tidak terkecuali dengan kulinernya, ya. Guys, rasanya enggak puas kan, jika berkunjung ke suatu tempat tapi belum coba makanan khas kota tersebut?

Nah, membahas tentang makanan yang wajib di coba. Kali ini Takaitu akan membahas kuliner Hits di kota Balikpapan yang wajib kamu icipi. Apa saja? Daripada kamu penasaran, yuk kita bahas satu-satu, ya, Takaiters!

1. Mantau

kuliner khas kota balikpapan
Foto: kaltim.idntimes.com

Mantau merupakan roti lembut yang berbentuk mirip bakpao. Biasanya bakpao diisi dengan isian ayam, kacang hijau, ataupun cokelat, ya, Takaiters. Berbeda dengan mantau.

Mantau tidak di isi dengan apa-apa, Lho. Alias hanya roti lembut dengan bentuk mirip bakpao. Guys, mantau berasal dari negeri Tirai Bambu, lho. Dan sudah ada sejak zaman Dinasti Han.

Awalnya mantau dibawa ke Nusantara oleh pedagang Tiongkok yang datang dan sekaligus menyebarkan roti lezat satu ini, Guys. Penyebarannya mulai dari Banten, Pare-Pare, hingga Balikpapan. Nah, di Balikpapan, mantau ini dapat di makan bersama berbagai sajian menu masakan.

Namun, yang paling populer adalah mantau sapi lada hitam. Kamu juga bisa menyantap mantau sesuai selera, Guys, mau yang kukus atau goreng. Tinggal pilih, ya. Semuanya sama-sama enak, kok. Sedangkan cara memakannya sama seperti burger, nih. Mantau di belah dan di isi dengan sapi lada hitam. Duh, bikin ngiler ya, Takaiters?

2. Kepiting Dandito

kuliner balikpapan kota balikpapan kalimantan timur
Foto: kompasiana.com

Balikpapan dikenal sebagai surganya olahan kepiting, lho, Guys. Jadi, enggak heran ya, menu satu ini wajib kamu cicipi saat singgah di kota yang memiliki slogan kota beriman, ini.

Olahan kepiting di R.M Dandito ini termasuk fenomenal, lho. Per hari saja, Dandito bisa menghabiskan hingga 500 kg kepiting. Wah, bikin penasaran sama rasanya, ya? Di Dandito banyak menu sajian seafood juga. Tapi, yang menjadi ikon utamanya, ya, kepiting dengan saus Dandito.

Nah, kamu juga boleh, lho, coba kepiting dengan saus lada hitam atau asam manis. Semuanya dijamin enak, kok, Takaiters. Saking fenomenalnya, nih, menu kepiting sering kehabisan, lho. Jadi, bagi kamu yang ingin coba, datang lebih awal ya. Gimana, pengin banget coba kan, Takaiters?

3. Ayam Pedas Khas Balikpapan

kuliner di plaza balikpapan
Foto: kaltim.trimbunnews.com

Bagi kamu pecinta pedas. Menu satu ini cocok banget buat kamu coba. Pasalnya ayam pedas khas Balikpapan ini di datangkan langsung dari Amuntai, Kalimantan Selatan, yang dipelihara secara liar. Sehingga kualitas daging lebih nikmat, nih, Takaiters.

Ayam pedas khas Balikpapan ini merupakan masakan dari ayam kampung yang diolah dengan limpahan bumbu rempah. Rasanya dijamin enak, lho, Takaiters. Pedasnya juga tingkat dewa.

Nah, menu ayam ini disajikan dalam dua jenis yaitu ayam panggang dan ayam berkuah. Untuk ayam panggang, rasa pedasnya lebih gahar dari ayam berkuah. Wah, mau coba yang mana, nih?

4. Cake Salak

kuliner hits di balikpapan
Foto: viva.co.id

Siapa sih yang enggak suka cake? Pasti semua suka, kan, Guys. Kudapan satu ini sangat cocok dinikmati bersama teh hangat, ya. Di Balikpapan ada kudapan lezat yang berbahan utama salak, nih, Takaiters. Namanya cake salak.

Cake salak ini dibuat karena di Balikpapan buah salak melimpah. Nah, meskipun berbahan utama salak, namun cake salak ini memiliki varian rasa yaitu Original, Almond, Keju, Cokelat, Tiramisu, dan Kurma Madu. Tapi, yang paling populer yaitu rasa Almond dan Cokelat, nih, Takaiters. Gimana, sudah siap coba kudapan sehat dan lezat ini, Takaiters?

5. Brownies Kepiting

Foto: mytrip123.com

Brownies juga merupakan salah satu kudapan sejuta umat, ya, Guys. Rasanya enggak ada yang bisa nolak kelezatan kudapan satu ini. Nah, di Balikpapan terdapat kudapan unik dengan bahan dasar kepiting. Namanya brownies kepiting.

Meski berbahan dasar kepiting, tapi tenang aja, brownies kepiting ini enggak bakalan amis kok. Selain enak brownies kepiting juga kaya akan kandungan gizi. Untuk rasanya, brownies kepiting tidak terlalu manis seperti brownies pada umumnya, ya, Takaiters. Bagi kamu pecinta olahan seafood kudapan satu ini bisa banget jadi rekomendasi, lho.

6. Peyek Kepiting

Foto: kulinerkota.com

Mendengar nama peyek rasanya pasti udah terbayang olahan dari tepung dengan isian kacang tanah, kedelai, atau udang rebon, ya, Takaiters. Lagi, lagi di Balikpapan ada menu olahan yang berbahan dasar kepiting, nih.

Namanya peyek kepiting. Soal rasa jangan ditanya lagi, ya, Guys. Sudah pasti lezat dan bergizi. Untuk pembuatannya juga menggunakan teknik khusus sehingga tetap renyah dan tidak amis. Untuk rasanya peyek kepiting tersedia dalam tiga varian yaitu original, lada hitam, dan pedas.

Nah, peyek kepiting khas Balikpapan ini juga sudah di kirim ke berbagai negara, lho, seperti Singapura, Jepang, dan Malaysia. Wah, makin penasaran pengin coba, kan, Guys?

Nah, itu kuliner hits kota Balikpapan yang bisa kamu jadikan rekomendasi saat singgah ke kota Bakikpapan, ya. Jangan lupa ajak kerabat dan keluarga, ya, Takaiters!