Hai, Takaiters!

Tidak semua manusia di bumi memperoleh keberuntungan, terlahir dari keluarga kaya raya yang kekeyaannnya tak habis-habis sampai tujuh turunan. Alih-alih mengeluh mengapa kita tidak berusaha dan bekerja keras, memanfaatkan segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Banyak sekali di antara kita yang masih menadahkan tangan kepada orang tua. Bukankah selepas sekolah menengah atas, seharusnya kita sudah bisa mandiri, bahkan bisa membiayai kuliah sendiri?

Tidak masalah jika kita masih dibantu oleh orang tua, Jika memang mereka mampu, tapi jangan lantas membuat kita berpangku tahan. Banyak bukan saat ini mahasiswa yang kuliah dengan dengan bekerja paruh waktu. Pekerjaan apa saja yang bisa kamu lakukan? Berikut ini 5 pekerjaan paruh waktu yang bisa dikerjakan sambil kuliah.

1. Mengajar Privat

Belajar Bahasa Inggris
Foto: hastingsenglishschool.co.uk

Mengajar privat merupakan hal paling gampang yang bisa kita lakukan. Kita bisa kuliah di pagi hari dan sore harinya bisa kita manfaatkan untuk mengajar anak SD, SMP, bahkan SMA. Hitung-hitung memanfaatkan ilmu yang kita peroleh selama 12 tahun sekolah ‘kan, Takaiters? Saat ini banyak sekali bimbingan belajar yang memperkerjakan mahasiswa, atau bisa juga dilakukan secara freelance tanpa bergabung dengan pihak bimbingan belajar.

2. Menjadi Admin Online

Apple iPad Mini versi upgrade tetap usung ukuran layar 9,7 inci
Foto: wired.com

Saat ini banyak sekali pebisnis online yang membuka lowongan menjadi admin online. Tentunya untuk jam kerja, kamu bisa konsultasi dan diskusikan dulu dengan owner-nya. Hitung-hitung memanfaatkan telepon pintar dalam genggaman untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, Takaiters.

3. Menjadi Marketer Online

Tips Memulai Jualan Online Bagi Pemula
Foto: pexels.com

Marketer online merupakan pekerjaan yang sangat mudah, asal kamu mau melakukannya dengan konsisten. Dengan hanya memanfaatkan Facebook atau Instagram kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan, tanpa perlu memikirkan modal dan biaya untuk usaha apalagi sewa tempat.

4. Menulis Artikel di Media Online

Foto: pexels.com

Bagi kamu yang suka menulis, cobalah menjadi kontributor di media online, salah satunya di media online yang saat ini kamu baca. Ada beberapa media online yang memberikan fee untuk para kontributornya, seperti Takaitu, Kompasiana, Babe, dan masih banyak yang lain. Semakin bagus artikel yang dibuat, semakin besar kesempatan untuk dimuat dan pundi rupiah pun bisa cring-cring masuk ke rekening.

5. Bergabung di Event Organizer

Foto: klikpajak.id
Takaiters, bergabung di event organizer atau sering disingkat EO ini juga sangat menjanjikan, lo. Selain melatih komunikasi, memperluas jaringan, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan.

Bagaimana Takaiters, tertarik untuk bekerja sambil kuliah?