Semakin berkembangnya teknologi membuat manusia terus berinovasi untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Dengan memanfaatkan teknologi akan membuat pekerjaan kita menjadi mudah. Dalam dekade ini sudah banyak kali inovasi-inovasi kreatif yang diciptakan yang sudah banyak dinikmati oleh masyarakat umum.

Inovasi yang lebih keren datang dari tanah Minang, dimana Mahasiswa dan dosen Universitas Putra Indonesia (UPI) Kota Padang telah berhasil menangani masalah sampah plastik dengan cara kreatif.

Berawal dari kepeduliaatm sampahn terhadap lingkungan, dimana sampah yang tidak terkelola dengan baik maka Siti Hutari Mulyani dan sekelompok mahasiswanya menciptakan ATM sampah ini untuk menangani masalah tersebut.

atm sampah
ATM sampah (Foto : kompas)

Untuk sistem kerjanya, ATM ini akan menampung sampah botol-botol plastik dari masyarakat yang sudah teregister terlebih dahulu. Semakin banyak sampah botol plastik yang diserahkan, maka jumlah saldo di rekening pemilik sampah akan bertambah secara otomatis melalui e-money.

Pilihan Editor

Untuk pengoperasian ATM sampah ini cukup mudah, hanya dengan menempelkan sebuah kartu khusus dan menekan pilihan menu yang tampil di layar seperti ATM pada umumnya. Setelah botol sampah terkumpul, pihak kampus UPI Padang akan mengolah sampah botol plastik tersebut untuk dijadikan sebagai bahan kerajinan yang bernilai tinggi.

Untuk saat ini, mesih ATM sampah masih butuh penyempurnaan agar bisa digunakan ditempat umum, baik dari segi daya tampung sampah maupun mekanisme pengangkutannya. Oleh sebab itu, butuh dukungan dari investor agar mesin ini bisa benar-benar terwujud.