Hi, Takaiters!

Dampak pandemi yang melanda dunia membuat banyak kalangan yang dirugikan. Tak sedikit berbagai agenda tertunda dikarenakan untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Begitu juga yang dialami oleh pemusik dari negara yang dijuluki Negeri Ginseng. Banyak agenda konser, syuting dan juga tur yang tertunda.

Bagi kamu pecinta k-pop tentunya akan kenal dengan sosok penyanyi solo yang bernama IU. Pada tanggal 18 September 2020 kemarin tepat 12 tahun IU debut di dunia k-pop. Dikarenakan pandemi, IU berinisiatif melakukan mini konser secara gratis yang ditayangkan di KBS2 TV. Konser online IU dan juga #IUbestgirl pun trending di twitter.

Yuk, kita simak fakta dari konser online IU dan perjalanan karirnya, Takaiters!

1. Konser Online gratis untuk para penggemar

konser anniversary debut iu
Foto: doc.pribadi

IU sangat dikenal dengan keramahannya kepada para penggemarnya, Uaena. Kali ini, IU kembali dipuji-puji penggemar akan kemurahan hatinya untuk melakukan mini konser gratis secara online. Sehingga seluruh penggemar IU yang ada dimana saja dapat menonton Konser Mini 12th Debut Anniversary IU. Ditayangkan di KBS2 TV pada tanggal 18 dan 19 September 2020 pada waktu 21.30 WIB. IU menyanyikan sekitar 13 lagu yang sudah dia rekam sebelumnya.

2. Melakukan rekaman selama 14 Jam

KOnser Online IU KBS2 tv
Foto: lifestyle.bisnis.com

Persiapan IU untuk konser perayaan debutnya ke 12th tak tanggung-tanggung. Dia melakukan rekaman untuk 60 kali bernyanyi selama 14 jam. Dia mulai rekaman untuk konser mini nya ini dari pukul 9 pagi hingga 11 malam KST.

Penyanyi solo yang banyak disukai oleh para idol K-pop ini tetap semangat memberikan terbaik untuk penggemarnya.

3. Profil IU, IU Best Girl

Konser 12th debut anniversary IU
Foto: instagram.com/dlwlrma

Soloist K-pop ini memiliki nama asli Lee Ji-Un yang lahir pada tanggal 16 Mei 1993 di Distrik Gwangjin, Seoul, Korea Selatan. Sedangkan nama IU sendiri, merupakan nama panggung yang diambil dari kata “I and You” yang melambangkan bahwa “kita” dapat menjadi “satu” melalui musik.

Suara yang khas dan memiliki suara dengan nada tinggi, IU berhasil memukau para pencinta K-pop sejak ia debut.

4. Perjalanan Karir Yang Tak Seindah Merdu Suaranya

Iu Online concert
Foto: instagram.com/dlwlrma

Seperti yang pernah diungkap oleh Park Jin Young (J.Y. Park), pendiri agensi JYP Entertaiment, bahwa ia menyesal pernah menolak IU untuk debut di agensinya. Ternyata tak hanya satu agensi, namun IU pernah ditolak hingga sekitar 20 kali.

Meskipun demikian, IU tak pernah menyerah akan karirnya. Hingga pada akhirnya dia debut pada tanggal 18 September 2008 di Mnet dengan agensi LOEN Entertainment. Dari ia debut hingga kini, karirnya pun makin meningkat.

IU tak hanya dikenal sebagai penyanyi saja, namun juga sebagai pencipta lagu, komponis, gitaris, aktris dan pembawa acara. Dan juga, IU selalu menyapa penggemarnya melalui tur konser yang diadakannya setiap tahun.

5. Melakukan donasi atas nama Fans untuk rayakan 12th Debut Anniversary

Foto: instagram.com/edam.official

Tak hanya melakukan konser mini gratis secara online, IU juga melakukan donasi atas nama Fansnya, Uaena. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh agensi yang menaungi IU saat ini yaitu EDAM Entertainment melalui Instagram. Bahwa IU melakukan donasi  sebesar US$ 43 ribu atau sekitar Rp633 juta untuk Snail of Love dan Asosiasi Ibu Tunggal di Korea Selatan.

Kemurahan hati IU ini makin membuat fansnya merasa tersanjung dan mencintainya.

6. Mendapatkan Penghargaan dari Presiden Korea Selatan

Foto: instagram.com/dlwlrma

Tak hanya penghargaan dari karir selama dia debut, IU juga sering mendapatkan penghargaan atas kegiatan sosial yang dia lakukan. Seperti halnya terkait pandemi Covid-19, IU menyumbang sejumlah dana hingga 100jt Won atau Rp. 1.2 Milyar dan juga masker serta pakaian anti-kontaminasi.

Dan lebih mengagumkan lagi, IU mendapatkan penghargaan dari orang No.1 Korea Selatan, yaitu Presiden Moon Jae In. Penghargaan ini diberikan karena IU memiliki kontribusi besar dalam perekonomian Korea Selatan dengan selalu membayar pajak tepat waktu. Weew, kereen ya, Takaiters!

Serta pujian pun dilontarkan oleh Presiden Moon Jae In melalui akun twitter, bahwa beliau kagum akan kedermawanan IU dalam berkontribusi menangani pandemi Covid-19.

Nah, itulah fakta mengenai konser online IU dan perjalanan karirnya, Takaiters! Bias-nya siapa nih? Hihi