Hai Takaiters,

Buku adalah “harta” yang paling banyak dimiliki kutu buku. Karena hobi membeli dan membaca buku, kadang buku yang dimiliki tidak muat lagi di rak yang tersedia. Buku yang sudah tidak muat di rak buku kadang diletakkan di tempat yang tidak semestinya sehingga menjadi rusak tak terurus.

Sayang kan rasanya kalau buku yang kita beli ternyata rusak dan tidak berguna? Nah, supaya koleksi bukumu lebih berguna, manfaatkan koleksi buku untuk hal-hal ini Guys..

1. Membuka Perpustakaan Umum di Rumah

manfaatkan koleksi buku
foto : unsplash.com

Buku koleksi pribadi biasanya buku-buku yang bagus dan menarik untuk dibaca, sehingga tidak ada salahnya meminjamkam buku kepada orang lain yang membutuhkan. Jika kamu memiliki teras atau garasi di luar rumah dan cukup nyaman untuk membaca, buatlah perpustakaan umum untuk warga sekitar rumah.

Biarkan para tetangga, teman dan kerabat untuk ikut membaca koleksi buku yang kamu miliki. Untuk membuat perpustakaan umum di rumah, kamu harus menyediakan rak atau keranjang buku. Kamu juga perlu menginventaris semua buku yang dimiliki dan beri tanda dengan stempel kepemilikan.

Jika ada pihak yang meminjam untuk dibawa pulang, catatlah identitas dan tanggal peminjaman di buku khusus sehingga tidak ada buku yang hiang karena lupa dikembalikan. Memang agak repot sih, tapi jangan lupa bahwa berbagi itu indah Guys.

2. Menyumbangkan Buku ke Perpustakaan Umum atau Taman Bacaan

pemanfaatan koleksi buku
foto : unsplash.com

Setelah membaca buku, biasanya orang malas membaca ulang buku yang sama, kecuali buku yang benar-benar menarik atau buku yang termasuk guidance book. Nah buku yang sudah tidak pernah dibaca bisa kamu sumbangkan ke perpustakaan umum atau taman bacaaan yang ada di kotamu.

Buku-buku tersebut akan lebih berguna daripada kamu simpan di rak dan tidak pernah kamu sentuh setelah dibaca. Buatlah daftar buku yang akan kamu sumbangkan dan hubungi pengelola perpustakaan umum atau taman bacaan.

Beberapa pengelola bersedia mengambil buku tersebut ke rumahmu Guys, jadi kamu tidak akan direpotkan dengan proses pengantarannya. Suatu saat jika kamu ingin membaca buku yang sudah kamu sumbangkan, kamu bisa kok mendatangi perpustakaan umum atau taman bacaan tersebut, sekaligus menjalin silaturahmi.

3. Menawarkan Buku kepada Teman atau Kerabat yang Membutuhkan

Maanfaatkan koleksi buku lebih berguna
foto : unsplash.com

Kamu pasti memiliki teman atau kerabat yang tidak mampu membeli buku karena sesuatu dan lain hal. Ada baiknya kamu menawarkan koleksi buku yang kamu miliki, siapa tahu mereka membutuhkannya. Ajak mereka ke rumah dan persilakan untuk melihat dan memilih koleksi buku yang diperlukan.

Jangan kaget Guys kalo kamu menyaksikan mata yang berbinar gembira saat mereka menemukan buku yang sangat mereka sukai. Berbagi buku kepada teman dan kerabat akan menambah erat hubungan pertemanan dan persaudaraan kita loh.

Jadi jangan hanya berpikir bahwa uang yang bisa kita sumbangkan untuk mereka, karena buku pun bisa kita sumbangkan.

4. Menjual Koleksi Buku

memanfaatkan koleksi buku
foto : unplash.com

Banyak buku bekas yang dijual secara offline maupun online, sehingga tidak ada salahnya kamu juga menjual koleksi bukumu. Jika dijual offline, kamu harus mencari tahu dimana lokasi penjualan buku-buku bekas dengan harga jual yang layak.

Memang tidak mudah Guys untuk menemukan penjual buku bekas, kecuali kamu tinggal di kota besar yang penduduknya sebagian adalah mahasiswa. Penjualan buku bekas secara online bisa dilakukan di web pribadi maupun market place.

Kamu harus siap repot saat memotret  dan membuat deskripsi mengenai isi dan kondisi buku yang akan dijual. Penjualan buku bekas secara online harus menjunjung tinggi kejujuran, jangan menyembunyikan cacat atau kondisi khusus dari buku yang akan dijual.

Lumayan kok kalo kamu bisa menjual buku bekas, hasilnya bisa dipakai untuk membeli buku baru atau ditabung.

Nah Takaiters, sudah tahu kan harus “dibuang” kemana buku bekas yang kamu miliki? Jangan biarkan koleksi bukumu menjadi kadaluarsa, sementara ada orang lain yang juga membutuhkan buku yang pernah kamu baca. Yuk, manfaatkan koleksi buku untuk hal-hal berguna seperti itu, Takaiters!