Halo, Takaiters!

Sebagian orang menganggap wajib mengonsumsi makanan sehat yang terdiri dari 4 sehat 5 sempurna mengandung banyak gizi dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain makanan sehat, untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar, kita juga disarankan melakukan olahraga secara teratur.

Di samping mengonsumsi makanan sehat,  sebagian dari kita juga gemar mengkonsumsi camilan. Camilan merupakan makanan ringan dengan rasa manis atau asin. Meski sebenarnya camilan ini gampang membuat kenyang, pada kenyataannya sering mengonsumsi makanan manis dan asin secara berlebih tidak baik untuk kesehatan. Akibatnya, ada beberapa orang yang mengalami kenaikan berat badan secara drastis, bahkan sampai mengalami obesitas. Obesitas ini bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti jantung, hipertensi, dan diabetes.

Di Indonesia, belakangan ini kita mungkin cukup sering mendengar kasus obesitas yang menyita perhatian publik. Memiliki kelebihan berat badan membuat sejumlah orang ini menjadi perbincangan publik. Berikut orang-orang yang mengalami obesitas dan sempat viral di Indonesia.

1. Titi Wati

Foto: liputan6.com

Beberapa waktu nama Titi Wati tengah ramai menjadi perbincangan publik. Hal tersebut lantaran dirinya memiliki berat badan hingga 350 kg. Wanita 35 tahun ini mengaku, perubahan berat badannya sudah dirasakan sejak 6 tahun terakhir, berawal dari pola makan yang salah menjadi penyebab utamanya.

Dalam satu hari Titi mengonsumsi nasi hanya dua kali saja. Namun, dia gemar mengonsumsi bakso, minuman es, dan gorengan sebagai camilan setiap harinya. Pada pertengahan Januari 2019, akhirnya Titi dievaluasi ke Rumah Sakit Dorrys Sylvanus Palangkaraya. Evaluasi dilakukan oleh puluhan pemadam kebakaran, petugas dinas sosial, dan petugas rumah sakit.

2. Aria Permana

Foto: jabar.tribunnews.com

Pada tahun 2016 lalu, di usianya yang baru menginjak 10 tahun, Aria Permana sudah memiliki bobot tubuh seberat 192 kg. Akibatnya, ia mengalami kesulitan untuk melakukan semua aktivitas. Pada April 2017, bocah yang berasal dari Karawang, Jawa Barat ini menjalani prosedur operasi lambung guna mengurangi berat badannya.

Tidak sampai di situ, Arya juga berusaha mengonsumsi makan sehat diimbangi dengan beragam olahraga. Berkat usaha kerasnya kini ia mengalami penurunan berat badan hingga kini 90 kg saja. Ade Rai adalah salah satu orang yang memberi dukungan. Aria juga bercerita, ia mempunyai cita-cita sebagai pemain bola.

3. Silvia Dwi Susanti

Foto: banjarmasin.tribunnews.com

Diusianya yang baru menginjak 15 tahun, Silvia sudah memiliki berat badan hingga 179 kg. Ia mengalami obesitas sejak duduk dibangku IV SD, karena kesulitan beraktivitas terpaksa putus sekolah sejak beberapa tahun lalu.

Silvia dirujuk ke Rumah Sakit Soegiri Lomongan, beruntung setelah mendapatkan beragam penanganan medis. Selama kurang dari 3 bulan, Silvia telah mengalami penurunan berat badan hingga 25 kg.

4. Rizki Rahmat Ramadhan

Foto: liputan6.com

Tidak jauh beda dengan Aria, Rizki Rahmat Ramadhan bocah yang berumur 11 tahun mengalami obesitas hingga 119 kg. Akibat berat badannya Rizki yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan ini terpaksa dibawa oleh kedua orang tuanya ke rumah sakit karena ia mengalami gangguan kesehatan bahkan juga sempat mengalami koma. Kondisi Rizki mulai stabil setelah dibantu oleh mesin ventilator. Tim ICU juga menggunakan Glasgow Coma Scale (GSC) guna meningkatkan kesadarannya.

Nah, itu dia informasi tentang orang-orang yang mengalami obesitas. Kelebihan berat badan atau obesitas menjadi hal menakutkan bagi hampir seluruh manusia, ya, Guys? Maka dari itu terapkanlah gaya hidup yang sehat untuk menghindarinya!