Hai, Takaiters!

Beberapa hari ini kita dikagetkan dengan kemunculan pendatang baru di dunia musik tanah air. Putera puteri daerah mendadak viral di media sosial. Belum hilang diingatan lagu ‘Karna Su Sayang’, Dian Sorowea. Sekarang, muncul seorang bocah SD dengan suara emasnya. Gadis cilik ini santer dimana-mana karena berhasil mencover lagu ‘oleh-oleh’ milik Rita Sugiarto.

Siapa sebenarnya Ina Situbondo? Yuk, kita intip beberapa kisah Ina berikut ini:

1. Hobi Bernyanyi Sejak Kelas Dua SD

Pemilik nama asli Zainatul Hayat ini sudah bernyanyi semenjak kelas 2 SD. Ina bernyanyi tanpa mengikuti les vokal. Kemampuan yang dia miliki didapat secara alami, otodidak karena sering melihat dan mendengar idolanya di televisi.

Menurut penuturan Ina saat ditanya Uya Kuya di acara Pagi-pagi Pasti Happy di salah satu stasiun televisi. Yang menjadi panutan Ina dalam bernyanyi adalah Lesti. Ina Sering berlatih sehingga ia mahir dalam membawakan cengkok dangdut.

Suara khas Ina telah membuat dia berbeda, meskipun otodidak tapi kekuatan karakter suara telah dimiliki sejak dini. Dia mampu membuat enak sebuah lagu. Tahukah Takaiters! Saat ini Ina duduk di kelas V SDN 5 Tanjung Kamal, Mangaran, kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

2. Setelah Kemunculannya di Media Sosial, Ina diundang ke Beberapa Stasiun Televisi

Berhasil di media sosial dengan suara merdu bak pedangdut terkenal, Ina mendapat tawaran untuk mengisi acara di beberapa stasiun televisi. Banyak stasiun televisi yang ingin tahu tentang kisah hidupnya. Seperti Hitam Putih Trans TV. Semua terkagum dengan suara dan haru mendengar kisah hidupnya.

Sebelum viral, Ina juga pernah mengikuti ajang pencarian bakat dan bernyanyi dari satu panggung ke panggung lainnya. Namun sayang, ajang pencarian bakat yang diikuti kategori dewasa sehingga dia belum berhasil lolos.

3. Di Usia Belia Ina Harus Terima Perceraian Orang Tuanya

Ina merupakan puteri dari bapak Jupriyadi dan Ibu Nur Kholifah. Sejak kecil, Ina sudah tidak tinggal dengan ibu kandungnya karena ayah dan ibunya sudah lama berpisah. Biaya hidup Ina ditanggung oleh kakek dan neneknya. Tangisnya mendadak pecah saat ditanya tentang Ibu.  Naluri seorang gadis kecil yang sangat rindu ibunya tak mampu ditutupi. Kerinduan yang mendalam membuat Ina menciptakan sebuah lagu untuk Ibunya.

Nah, Takaiters! Perjalanan hidup seorang Ina membuat kita tersentak. Di usia belia dia berhasil mengembangkan bakat yang dia miliki. Namun, di sisi lain gadis kecil ini mengalami sedih yang tak terhingga akibat badai rumah tangga orang tuanya. Teruslah berkarya dan sukses selalu, Ina!