Halo, Takaiters!

Musim hujan saat ini memang membawa keprihatinan untuk beberapa daerah. Curah hujan yang tinggi kerap mendatangkan musibah banjir. Kerugian material tentu menjadi hal yang paling dirasakan. Banyak harta benda yang rusak atau bahkan hilang.

Lalu, bagaimanakah langkah antisipasi yang harus dilakukan sebelum terjadi banjir? Berikut beberapa hal  yang dapat kamu lakukan.

Amankan Semua Dokumen Penting

Foto: pexel.com

Banyak masyarakat yang lupa akan dokumen penting saat musibah terjadi dan baru menyadari saat melihat berkas telah rusak karena terendam atau hilang terbawa arus banjir. Amankan dokumen dalam sebuah map, lapisi dengan plastik atau pelindung anti air. Selanjutnya simpan di tempat yang paling aman.

Pindahkan Barang Berharga ke Tempat yang Lebih Tinggi

Foto: detiknews.com

Barang berharga seperti peralatan elektronik, dan furnitur dapat dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi. Sedangkan untuk kendaraan dapat dititipkan di tempat yang bebas banjir, misalnya rumah saudara.

Siapkan Selalu Bahan Makanan Pokok

Foto: jawapos.com

Menyimpan stok makanan yang tahan lama menjadi salah satu alternatif agar dapat menjaga kebutuhan pangan saat terjebak banjir. Akses jalan serta transportasi akan terhambat, bahkan lumpuh saat banjir tiba sehingga untuk mendapat makanan pun akan semakin sulit. Maka, sediakan bahan makanan untuk menghadapi situasi darurat.

Sediakan Alat Pertolongan Keselamatan

Foto: pexel.com

Beberapa peralatan yang harus selalu tersedia saat musim hujan tiba di antaranya adalah lilin, korek api, baterai, jas hujan, senter, ban karet, tikar, karpet, selimut, obat-obatan, dan barang lainnya. Simpan peralatan ini dalam sebuah tempat yang terngkau agar mudah ketika akan digunakan.

Amankan Sumber Listrik

Foto: pingpoint.com

Kepanikan sering membuat orang lupa terhadap alat listrik. Pastikan untuk mengamankannya, dengan memindahkan kabel, atau saklar ke area yang lebih tinggi. Bahkan, jika hujan deras terus turun dan banjir mulai datang, segera padamkanlah listrik dari sumbernya. Ini dapat mencegah dari kecelakaan lainnya karena terkena arus listrik yang terkena air, atau akibat konsleting yang lebih parah.

Miliki Pompa Air

Foto: pixabay.com

Alat ini sangat membantu untuk membuang air yang masuk ke dalam rumah. Jika alat ini dirasa terlalu mahal, maka dapat dilakukan dengan membuat iuran antar warga dan dilakukan bersama di sekitar lingkungan.

Selalu Waspada

Foto: pixabay.com

Banjir memang kadang datang tanpa diduga. Oleh karena itu, selalu waspada ketika hujan turun dengan intensitas yang tinggi. Selalu mencari informasi yang akurat melalui sumber berita yang dapat dipercaya.

Menjaga Kesehatan

Foto: pexel.com

Banjir yang datang tak hanya mendatangkan kerugian secara materi, kesehatan juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Jagalah kondisi tubuh agar tetap fit saat musim penghujan tiba. Ini akan membantu kamu tetap siaga dengan segala kemungkinan yang terjadi.

Hal lain yang tak kalah penting adalah menjaga lingkungan. Antisipasi yang paling tepat adalah dengan mencegah banjir datang kembali. Mulai lakukan aksi nyata dengan peduli lingkungan, bersinergi dengan berbagai pihak untuk lakukan upaya mencegah banjir.

Kurangi sampah plastik, menjaga keseimbangan alam dan kebersihan lingkungan, turut serta dalam berbagai gerakan cinta alam seperti penanaman pohon serta gerakan lainnya. Sedikit upaya yang dilakukan oleh banyak orang dengan penuh kesadaran akan membuahkan hasil maksimal. Namun semua itu harus dilakukan dengan konsisten dan sungguh-sungguh.

Takaiters, semoga langkah antisipasi yang dilakukan akan dapat membantu terhindar dari kerugian yang lebih banyak dan besar.