Hai, Takaiters!

Ada yang mau presentasi? Jika ingin tampil memikat yang pertama harus kita lakukan adalah menaklukkan rasa takut. Sebenarnya rasa itu wajar-wajar saja. Tidak hanya kamu saja yang merasakan. Semua orang merasakan hal yang sama meskipun sudah sering presentasi di depan orang banyak. Hanya saja, mereka berhasil menghilangkan rasa takut itu dan tampil dengan memikat. Intip , yuk! apa saja resepnya?

Rasa takut, khawatir atau nerveous itu muncul sebelum, saat akan, bahkan ketika melakukan presentasi. Ada berbagai macam penyebab sehingga perasaan itu muncul.

Timbulnya Kalimat, Jangan-Jangan …

Foto: elticenter.wordpress.com
  1. Jangan-jangan audiens tidak suka pada saya.
  2. Jangan-jangan nanti ada materi yang saya lupa.
  3. Jangan-jangan audiens menertawakan saya.
  4. Jangan-jangan saya melakukakan kesalahan.
  5. Jangan-jangan ada pertanyaan yang tidak bisa saya jawab.

Kalau kalimat di atas menghantui pikiran ketika akan melaksanakan presentasi, coba alihkan fokus. Pikirkan materi yang akan disampaikan, cek peralatan digunakan dan perhatikan audiens.

Melakukan Presentasi di Depan Orang yang Belum Dikenal

Foto: jenniferbuchanan.ca

Presentasi di depan orang yang belum kenal menimbulkan rasa khawatir. Karena belum mengetahui seberapa jauh pengetahuan mereka tentang materi yang dibahas. Maka yang harus dilakukan adalah mencari informasi mengenai audiens. Mempersiapkan presentasi dengan matang. Menguasai materi dengan sebaik-baiknya.

Pengalaman Presentasi Sebelumnya

Foto: tuck.dartmouth.edu

Mungkin kamu pernah melakukan presentasi yang tidak sesuai dengan harapan, bahkan merasa tidak puas. Pengalaman yang kurang baik biasanya tidak mudah dilupakan. Pikiran akan selalu mengingat kejadian itu sehingga setiap akan presentasi menimbulkan kekhawatiran.

Bagaimana mengatasinya? Lakukan evaluasi pada presentasi yang lalu, sampai menemukan kekurangannya. Kemudian perbaiki pada presentasi berikutnya. Evaluasi bisa meminta masukkan audiens atau hasil rekaman video tampilan presentasi.

Presentasi di Depan Penguji atau Atasan

Foto: noobpreneur.com

Presentasi di hadapan atasan atau penguji memang sesuatu yang mendebarkan. Takut tidak dinaikkan jabatan atau diluluskan. Apabila terlarut dengan perasaan itu bisa-bisa materi yang akan disampaikan menjadi lupa, bahkan membuat panik.

Buang jauh-jauh perasaan itu. Bayangkan nilai atau hadiah yang diberikan kalau presentasi yang kamu sampaikan menarikĀ  dan memikat hati penguji atau atasan.

Kurang Menguasai Materi Presentasi

Foto: thompsontee.com

Biasanya ini terjadi karena dengan mendadak mendapat tugas dari dosen atau menggantikan teman yang berhalangan untuk melakukan presentasi. Sangatlah mungkin timbul rasa takut atau khawatir tampilan presentasinya tidak memikat. Menguasai materiĀ  presentasi merupakan langkah untuk menghilangkan kekhawatiran itu.

Takaiters, apabila dari sekian penyebab rasa khawatir di atas sudah terlewati, tetapi masih saja dada berdebar dan penuh rasa kekhawatiran. Alangkah baiknya sebelum presentasi minum air putih minimal tiga tegukkan, setelah itu tarik napas panjang dan hembuskan pelan-pelan. Tak lupa berdoa.

Nah gampang, kan? Untuk menghilangkan nerveous. Atasi penyebabnya, maka kamu tidak khawatir dan takut lagi ketika melakukan presentasi. Dicoba, Guys, gar presentasimu memikat dan menarik.