Hai, Takaiters!

Musim penghujan mulai datang ditengah pandemi corona yang belum juga usai. Musim hujan yang rentan dengan penyakit karena perubahan cuaca yang tiba-tiba dan juga udara yang menjadi lebih dingin mengharuskan kita untuk lebih menjaga kesehatan dengan terus menambah daya tahan tubuh.

Salah satu cara yang digunakan untuk menjaga kesehatan adalah dengan rajin minum minuman rimpang. Mau tahu minuman rimpang itu apa? Yuk, baca sama-sama?

Kenali Dulu Apa Itu Rimpang

minuman rimpang
Foto: food.detik.com

Rimpang yang dalam bahasa latin disebut rhizoma adalah batang tumbuhan yang tumbuhnya menjalar di bawah permukaan tanah dan dapat menghasilkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya yang sudah dimodifikasi. Tanaman rimpang biasanya mengandung banyak minyak atsiri dan alkaloid yang dapat digunakan untuk pengobatan.

Macam-macam Tanaman Rimpang

manfaat minum rimpang setiap hari
Foto: untan.ac.id

Tanaman rimpang bermacam-macam jenisnya. Seperti suku temu-temuan (zingiberaceae) dan paku-pakuan (Pteridophyta). Dari suku temu-temuan ada jahe, kunyit, lengkuas, kencur, temulawak, temu kunci dan masih banyak lagi. Sedangkan dari paku-pakuan ada tanaman pakis.

Minuman Rimpang

manfaat minum rimpang
Foto: lemonilo.com

Minuman Rimpang adalah minuman yang bahan-bahannya menggunakan tanaman rimpang. Ada bermacam-macam minuman rimpang seperti minuman rimpang jahe, minuman rimpang kencur, minuman rimpang sereh, minuman rimpang temulawak dan masih banyak lagi.Kesemuanya memiliki aroma, rasa dan khasiat yang berbeda.

Jahe si Rimpang Terpopuler

Foto: jogja.tribunnews.com

Rimpang yang paling populer digunakan untuk membuat minuman adalah jahe. Ada tiga jenis varian jahe yang mudah ditemukan yaitu jahe gajah, jahe kuning dan jahe merah. Jahe memiliki kandungan senyawa polifenol dan tonikum yang khasiatnya beragam bagi kesehatan tubuh.

Rasanya yang pedas dan aromanya yang menyegarkan inilah yang membuat jahe banyak digunakan untuk membuat minuman. Bahkan jahe juga banyak digunakan dalam makanan dan sebagai bumbu dapur.

Memilih Jahe sebagai Bahan Minuman Rimpang

Foto: masakapahariini.com

Pengolahan jahe yang tergolong mudah membuat jahe semakin digandrungi oleh masyarakat dan dipilih sebagai bahan utama minuman rimpang. Minuman rimpang dari jahe bermacam-macam. Ada yang mencampur jahe dengan kayu manis dan madu, ada yang mencampurnya dengan lemon dan kunyit ada juga yang mencampurnya dengan sereh.

Semuanya jelas memiliki khasiat dan manfaat yang berbeda asal diolah dengan cara yang benar.

Khasiat Minuman Rimpang Jahe

Khasiat minuman Rimpang Jahe yang dicampur dengan kayu manis dan madu sangat banyak. Seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu menyembuhkan nyeri perut, mengurangi kolesterol, menyembuhkan batuk dan pilek. Serta membantu mengurangi berat badan, memulihkan tubuh yang kelelahan, menyembuhkan arthritis, mengobati infeksi kandung kemih dan juga membantu dalam mengobati kanker.

Wajar jika minuman rimpang jahe sangat berkhasiat karena dari jahenya sendiri sudah mengandung banyak zat yang berguna bagi kesehatan ditambah lagi kayu manis dan madu yang jelas-jelas memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Takaiters, jika kamu dulunya ogah-ogahan minum-minuman rimpang, yuk, mulai untuk mencobanya. Memang si, minuman rimpang tidak seenak minuman boba, tapi dari khasiatnya jelas minuman rimpang yang utama.

Ubah cara pandang kamu, ya, Guys? Mulailah untuk membiasakan hidup sehat dengan pola makan yang sehat.

Itulah bahasan tentang khasiat minuman rimpang, Takaiters! Selamat mencoba.