Halo, Takaiters!

Libur panjang di bulan Desember telah dimulai! Apakah kamu sudah mempersiapkan rencana untuk mengisi masa-masa tersebut? Nah, bagi Takaiters yang ingin menjalani hari-hari libur dengan produktif, ada baiknya mencoba pekerjaan freelancer.

Freelancer merupakan seseorang yang bekerja di satu dan atau beberapa tempat tanpa ikatan kerja yang ketat, Takaiters.

Profesi freelancer sudah lama diminati dan dapat ditekuni oleh siapapun. Mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan tidak tetap, ibu rumah tangga dan sebagainya.

Adapun pekerjaan freelance, antara lain penerjemah, komikus, copywriter, penyiar radio, fotografer, penulis, animator, ilustrator, guru privat dan masih banyak lagi. Asal kamu punya satu/beberapa keahlian khusus yang dibutuhkan, kamu sudah bisa menjadi freelancer.

Banyak orang yang lebih tertarik bekerja lepas daripada pekerjaan tetap, ini dikarenakan keuntungan menjadi freelancer menawarkan banyak sisi positif, seperti berikut:

1. Dapat Bekerja di Beberapa Proyek Sekaligus

Keuntungan Menjadi Freelancer
Foto: pexels.com

Pekerja lepas dapat melakoni banyak pekerjaan tanpa harus terbebani kontrak, loh. Misalnya, untuk kamu yang hobi menulis, bisa menuangkan karya di situs-situs online yang membayar tulisan, seperti Takaitu. Selain itu, kamu pun boleh menawarkannya ke media cetak.

2. Penghasilan Lebih Besar

keuntungan jadi freelancer
Foto: pexels.com

Karena pekerja lepas dapat melakukan beberapa proyek sekaligus, maka gaji yang dia dapatkan juga bisa jadi lebih tinggi dibandingkan karyawan tetap. Akan tetapi, tentu hal tersebut harus dibarengi dengan kreativitas, jaringan pertemanan yang luas, skill yang dimiliki serta kepandaian melihat peluang.

Semakin banyak informasi seputar pekerjaan yang didapat, semakin besar potensi imbalan yang diperoleh.

3. Waktu Yang Lebih Fleksibel

keuntungan kerja freelance
Foto: pexels.com

Ini benar sekali, Takaiters. Sesuai namanya, seorang freelancer dapat mengatur waktu bekerja dengan leluasa. Kamu tetap dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa melewatkan senang-senang tanpa harus stres karena deadline. Pas banget buat kamu yang punya jiwa bebas dan tidak terlalu suka dikekang aturan.

Apabila ada tugas yang terlewat pun, kamu tidak akan terlalu terbebani. Dengan begitu, kamu belajar menjadi lebih disiplin terhadap waktu dan tanggung jawab.

4. Mengasah Skill

keuntungan freelance
Foto: pexels.com

Dengan menekuni freelance, secara tidak langsung kamu telah mengembangkan potensi ke arah lebih baik. Di sisi lain, ini juga akan mempermudah menentukan pilihan pekerjaan di masa mendatang.

5. Sebagai Pekerjaan Sampingan Yang Menjanjikan

Foto: pexels.com

Pekerjaan utama boleh satu, tapi pastikan kamu juga mempunyai beberapa pekerjaan sampingan. Kamu pasti pernah mendengar pernyataan tersebut, Takaiters.

Dalam bekerja, sah-sah saja rasanya kalau kamu melakoni banyak jenis pekerjaan. Meskipun tidak sedikit pula orang yang hanya fokus ke freelance.

Dengan bekerja lepas, kamu memiliki backup plans untuk finansial, yang akan sangat bermanfaat untuk menutupi kekurangan seandainya terjadi krisis suatu hari nanti.

Daripada kamu menghabiskan waktu senggang di hari libur dengan rebahan, akan lebih bermanfaat jika menjadikannya pundi-pundi penghasilan lewat freelance. Kunci menjadi freelancer adalah tekun dan selalu bersemangat untuk belajar hal baru.

Jadi, bagaimana, Takaiters? Setelah mengetahui keuntungan menjadi freelancer, tertarik kah menjadi freelancer?