Hallo, Takaiters!

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau. Di antara pulau Sulawesi, Maluku dan Papua terdapat satu negara republik yang bernama Palau. Seperti Indonesia, Palau juga merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 250 pulau. Namun hanya 8 diantaranya yang berpenghuni. Negara Palau merupakan tetangga Indonesia yang jarang diketahui, padahal menyimpan berjuta keunikan.

Negara Palau merdeka pada tanggal 1 Oktober 1994  dari penjajahan Amerika Serikat. Penduduk Palau berjumlah sekitar 18.008 ( data bank dunia, 2019) dengan luas wilayah 459 km². Daerah teramai berada di pinggiran pantai. Negara yang terkenal dengan keindahan alamnya ini beribukota di Ngerulmud.

Yuks, simak beberapa keunikan negara Palau ini, Takaiters!

  1. Menganut paham matrilineal

keunikan negara Palau
Foto: brainly.co.id

Negara Palau menganut garis keturunan dari ibu atau matrilineal. Perempuan mempunyai peran dominan dalam berbagai sektor. Dalam hal ahli waris, pemakaman, penentuan kebijakan, perempuan mempunyai andil yang sangat besar.

  1. Tidak memiliki militer

Fakta keunikan negara Palau
Foto: uangindonesia.com

Sebagai negara yang memperoleh kemerdekaan dari Amerika Serikat, Palau tidak mempunyai militer sama sekali. Namun negara tersebut tetap merasa aman dan tidak takut terhadap invasi dari negara lain karena Amerika Serikat telah membuat pernyataan siap melindungi Palau dari serangan musuh.

  1. Desnitasi wisata pantai yang sangat indah

Fakta unik negara palau
Foto: merdeka.com

Karena Palau merupakan negara kepulauan maka terdapat banyak sekali pantai di wilayah ini. Pantai-pantai tersebut sangat indah dengan pesona alam yang masih terjaga. Bagi kamu yang suka dengan wisata pantai, Palau merupakan tujuan yang tepat.

  1. Wisata Sejarah di Desa Babeldaob

Foto: bombastis.com

Babeldaob merupakan desa wisata yang menyimpan banyak sejarah tentang Palau. Di desa ini dan sekitarnya tidak ada hotel atau penginapan. Namun bagi kamu yang ingin berkunjung ke sana jangan khawatir! Kamu dapat menginap di rumah warga dengan gratis.

Cukup dengan membawa oleh-oleh aneka jenis makanan dan minuman seperti kopi, kue, roti dan sejenisnya penduduk Babeldaob akan senang menerima kedatanganmu. Satu tradisi yang harus diikuti oleh semua tamu di desa Babeldaop adalah harus melepas alas kaki ketika memasuki rumah.

  1. Flora Fauna Yang Eksotis

Foto: superadventure.co.id

Di Palau terdapat beberapa pulau yang merupakan cagar alam. Di habitat kepulauan Palau yang banyak terdapat hutan bakau, kamu dapat menjumpai berbagai burung yang sangat indah.

Kamu dapat berburu di wilayah pulau tersebut. Selain itu, bagi kamu penyuka anggrek, kamu akan dimanjakan dengan 70 jenis anggrek yang mudah ditemui di Palau.

Takaiters, berniat mengunjungi negara Palau, tetangga Indonesia yang jarang diketahui? Jangan lupa abadikan tempat-tempat indah dan keunikan Negara Palau, ya!