Indonesia adalah salah satu negara multietnis. Meskipun ada banyak etnis, namun sepertinya ada satu suku yang mencuri perhatian kita, apalagi kalo bukan etnis Minang. Buktinya, kamu tak akan kesulitan untuk menemukan orang Minang dan rumah makan Padang disekitarmu. Bahkan masakan Minang bisa di temui di dalam maupun luar negeri lho, keren ya guys.

Sebenarnya hal ini juga terjadi pada etnis Cina yang telah mendunia. Baik etnis Cina dan Minang, sama-sama memiliki karakter yang sama kuat, terutama dalam hal bisnis dan perdagangan. Jiwa dagang seperti telah melekat kuat dalam diri mereka.

Eits, tapi ternyata tak hanya sampai di situ, etnis Cina dan Minang juga dikenal karena keberadaannya yang menjangkau semua wilayah. Populasi orang Minang sudah menyebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, juga Cina yang ada di hampir semua negara di dunia.

Eksistensi kedua etnis ini tentu membuat kita penasaran, apa saja poin kesamaan yang mereka miliki sehingga keberadaan mereka di tanah rantau mengantarkan pada sukses bisnis dan finansial. Kesuksesan di bidang ekonomi  antara kedua etnis ini tentu menyita perhatian kita, meskipun berasal dari belahan bumi yang berbeda, banyak kesamaan antara keduanya. Nah, berikut adalah beberapa poin rahasia kesuksesan dan persamaan di antara kedua etnis.

Kedua etnis ini sama-sama perantau ulung, memiliki prinsip untuk meninggalkan tanah kelahiran demi meraih sukses di tanah rantau

Perantau ulung (Foto : 4.bp.blogspot.com)

Merantau menjadi ciri utama dari etnis Cina dan Minang. Mereka juga memiliki prinsip untuk meninggalkan tanah kelahiran demi meraih sukses di tanah rantau. Kesuskesan mereka menjadi tanggung jawab moral sebagai pembuktian kemampuan diri dan menjaga nama baik keluarga. Jadi tak heran jika mereka sama-sama memiliki pribadi tangguh dan mandiri.

PILIHAN EDITOR

Mereka pandai mengatur finansial, penggunaan uang yang efektif dan selektif bukan berarti mereka pelit tapi mereka hanya menggunakan uang sesuai skala prioritasnya

Pandai mengatur keuangan (Foto : 2.bp.blogspot.com)

Financial Management sangat penting dimiliki oleh setiap orang, terlebih sebagai pelaku usaha. Begitu juga dengan Etnis Cina dan Minang. Kedua etnis ini tahu betul menggunakan uang mereka untuk kebutuhan dan perkembangan bisnisnya. Penggunaan uang yang efektif dan selektif membuat mereka pandai menempatkan skala prioritas.

Selain pandai dalam menentukan skala prioritas, visi dan kegigihan merupakan kunci mereka dalam meraih kesuksesan

Memiliki visi dan usaha untuk mencapai kesuksesan (Foto : pexels.com)

Selain pandai dalam menentukan skala prioritas, etnis Cina dan Minang juga dikenal sebagai pribadi yang memiliki visi masa depan dan mereka akan sangat gigih untuk bisa meraihnya. Kalaupun ada hambatan dan kerugian, tak lantas membuat menyerah dan putus asa karena fokus pada tujuan awalnya. Bagi mereka, keberanian mengambil resiko jauh lebih penting dari berhenti berusaha dan menyerah. Ok banget kan guys?! Ini perlu kita contoh.

Berdagang jadi kebiasaan dari kecil, sehingga memiliki skill yang tangguh untuk menjadi pebisnis ulung

Memiliki Skill dagang yang tangguh (Foto : anythingjakarta.com)

Baik etnis Cina dan Minang memiliki skill dagang yang mencolok dari etnis lainnya. Tapi skill dan kemampuan bisnis atau berdagang ini tak serta merta mereka dapat begitu saja lho. Bahkan hal ini dimulai dengan mengenalkan dan membiasakan para pemudanya untuk berdagang dari usia masih belia.  Mereka bahkan dipersiapkan dengan baik agar akrab dengan dunia bisnis.

Proses menjalankan bisnis dan usaha diajarkan secara turun temurun, mulai dari proses administrasi, menjalankan bisnis, memasarkan barang, menyuplai hingga berhubungan dengan pelanggan. Mereka juga tak ragu belajar dan melakukan hal-hal sederhana sepperti halnya menjaga toko, menjual, dan melayani customer. Kebiasaan inilah yang membentuk pribadi tangguh untuk menjadi pebisnis.

Tetap mencintai dan melestarikan budaya asal dimanapun mereka berada

Melestarikan budaya minang dimanapun berada (Foto : saribundo)

Keberadaan etnis Cina dan Minang sangat akrab dengan kekhasan budayanya. Mereka tetap membawa serta identitas asli dimanapun berada. Entah dalam wujud adat atau tradisi yang dilakukan maupun seni budaya yang juga dikenalkan pada lingkungan tanah rantau mereka.

Jadi tak heran jika tahun baru Cina dirayakan di negara manapun di dunia, termasuk pertunjukan barongsai nya. Keberadaan China Town juga menjadi tanda lainnya. Begitu juga dengan ciri khas masakan Minang atau Padang yang sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia.

Itulah beberapa poin rahasia kesuksesan dan persamaan di antara kedua etnis itu.  dengan memiliki sifat dan karakter yang sama kuat, maka kesuksesan mereka akan mudah diraih. Ok banget kan guys?! Inilah yang perlu kita contoh.