Setelah aksi damai yang terjadi pada 4 november 2016 yang lalu yang melibatkan ribuan bahkan ratus ribuan umat manusia dari berbagai wilayah yang datang langsung ke Jakarta, selanjutnya akan dilaksanakan lagi wacana aksi damai lanjutan terhadap perkara penistaan agama itu.

Tapi ini bukanlah hal yang mudah, karena banyak pula pihak yang tidak menyetujui aksi tersebut. Hal itu disebabkan karena status ahok yang sudah jadi tersangka, aksi demo tersebut juga akan mengganggu aktivitas banyak orang terutama karena penutupan jalan.

Bahkan ada tersiar kabar bahwa Kepolisian melarang aksi lanjutan tersebut. Namun kabar tersebut belum pasti kebenarannya. Sebelumnya aksi lanjutan tersebut akan dilakukan pada tanggal 25 November 2016, namun pada nyatanya aksi tersebut tidak jadi dilakukan dengan alasan yang belum diketahui pastinya.

Hingga lewat tanggal 25 November tersebut, ternyata kembali ada rencana lanjutan yaitu pada tanggal 2 Desember 2016, di mana pada tanggal tersebut dijelaskan dengan aksi 212. Sebagaimana yang kita ketahui aksi tersebut juga akan dilakukan pada hari jumat seperti pada aksi pada tanggal 4 November kemarin. Artinya juga akan dilakukan sholat jumat masal bersama.

Ternyata agar aksi tersebut bisa berjalan dengan baik, tidak mudah untuk melaksanakannya, apalagi mengikutsertakan banyak orang. Maka dari itu perlu juga pasukan pengamanan baik itu dari pihak Kepolisian maupun TNI.

Setelah melakukan perbincangan antara pihak GNFP ( Gerakan Nasional Pengawal Fatwa ) dengan pihak Kepolisian Rebuplik Indonesia, maka didapatilah kesepakatan bahwa aksi damai jilid III atau aksi 212 akan tetap dilaksanakan. Di mana Kapolri menginstruksikan kepada seluruh Kapolda untuk tidak melarang umat islam di daerahnya untuk ikut dalam aksi 212 ini seperti yang dikutip langsung di situs resmi FPI fpi.or.id.

Dengan kesepakatan aksi ini akan tetap dilakukan maka dari itu bagi kita yang akan akan melakukan kegiatan pada tanggal 2 Desember 2016 nanti terutama ketika melakukan perjalanan di jalan-jalan protoko seperti Monas dan Bundaran HI, harus siap-siap saja untuk mencari alternatif jalan lain, karena seperti sebelumnya jalan ini akan ditutup.

Bahkan pada aksi 4 November yang lalu, banyak perusahaan ataupun kantor yang memulangkan karyawan lebih cepat bahkan diliburkan terkait aksi tersebut, karena itu demi keamanan karyawan dan kantor.

Dari jagat dunia maya saja seperti di jejaring sosial twitter, pada sebuah tweet dari akun @HumasFPI saja, ada sebuah foto yang memperlihat ribuan umat muslim dari Ciamis berjalan kaki menuju ke Jakarta untuk ikut dalam aksi 212 nantinya

Ribuan Umat Musli Ciamis Berjalan Kaki ke Jakarta
Umat Muslim Ciamis Berjalan Kaki ke Jakarta

Belum jelas atas dasar apa mereka berjalan kaki sejauh itu, entah itu karena susahnya menyewa bus ataupun karena ada larangan, belum bisa dipastikan. Namun melihat aksi berikut patut juga kita apresiasi niat dari mereka sampai-sampai rela untuk berjalan kaki.

Untuk siapapun yang nantinya ikut dalam aksi 212 ini, agar tetap berhati-hati untuk tetap menjaga diri agar niat baik kita saat pergi juga akan tiba dengan baik pula saat pulang nantinya.