Hai, Takaiters!

Kita patut berbangga karena Kota Surabaya baru saja mendapat penghargaan di ajang Guangzhou International Award 2018 sebagai kota populer online. Kemenangan tersebut didapat setelah diadakan vote di situs Guangzhou International Award 2018 yang ditutup pada Jum’at, 7 Desember 2018. Dalam vote tersebut, Surabaya berhasil meraih kemenangan dengan  jumlah vote sebanyak 1.504.535. Sementara di posisi ke dua diperoleh kota Yiwu, Cina, dengan vote sebanyak 1.487.512 dan kota Santa Fe, New Mexico di peringkat ketiga dengan vote sebanyak 863.151.

Sebelumnya Walikota Surabaya, Tri Rismaharini sempat menjadi viral di media sosial karena untuk pertama kalinya membuat vlog untuk masyarakat Surabaya. Dalam video itu, Risma meminta dukungan kepada masyarakat kota Surabaya untuk mendukung Surabaya dalam ajang The Guangzhou International Award for Urban Innovation 2018.

Ayo teman-teman Surabaya bantu kota Surabaya dengan cara vote kota Surabaya. Memilih Surabaya boleh satu akun bisa berkali-kali, tiap satu jam. mohon dibantu ya, juga dibantu doa supaya aku bisa prestasi dengan baik karena menghadapi 400 juri nggak gampang,” isi video Risma di akun @aslisuroboyo.

Pada ajang Guangzhou International Award 2018, dari 15 finalis, Surabaya merupakan satu-satunya wakil dari Indonesia sekaligus Asia Tenggara. Guangzhou International Award 2018 sendiri merupakan sebuah ajang yang diselenggarakan oleh United Cities and Local Governments (UCLG), World Association of the Major Metropolises (Metropolis), serta Pemerintah Kota Guangzhou. Penghargaan dititikberatkan pada inovasi serta pembangunan yang harmonis dan berkelanjutan.

Foto: instagram @trirismaharini

Petang kemarin (7/7/2018), Wali Kota Risma hadir langsung menerima penghargaan Kota Terpopuler berdasarkan vote Guagzhou International Award 2018. Wali Kota Risma menerima medali penghargaan, langsung dari dari Vice President of the Chinese People’s Association for Friendship with Foreign Countries ( CPAFFC), Song Jing Wu.

Foto: portalsono.com

Tri Rismaharini dalam akun instagram pribadinya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan yang diberikan seluruh warga Surabaya dan juga masyarakat Indonesia serta mengajak seluruh jajaran pemkot Surabaya untuk terus bersungguh-sungguh memberikan layanan terbaik untuk seluruh warga Surabaya.

Pada ajang kompetisi Guanzhou International Award, Tri Rismaharini mengenalkan inovasi kota Surabaya dalam mendukung kegiatan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam pengolahan limbah sampah plastik. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan Program Suroboyo Bus. Suroboyo bus yang resmi diluncurkan pada tanggal 7 April 2018 ini merupakan salah satu transportasi bus berbasis bus rapid transit.

Foto: goodnewsfromindonesia.com

Pembayaran bus ini bukan dilakukan dengan uang seperti pada umumnya, namun dengan menukarkan gelas atau botol plastik. Setelah terkumpul, sampah plastik tersebut akan diberikan kepada Bank Sampah yang kemudian didaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat. Inovasi tersebut tentu saja dimaksudkan untuk mengurangi dampak buruk dari permasalahan sampah plastik.

Kemenangan Surabaya dalam ajang Guangzhou International Award 2018 tentu menambah deret panjang prestasi Kota Surabaya yang sebelumnya juga pernah memperoleh penghargaan Lee Kuan Yew kategori Special mentions, serta ada 3 penghargaan internasional lainnya yang berhasil diperoleh di tahun 2017.

Nah, gimana Guys, keren kan? Semoga apa yang dilakukan Ibu Walikota Surabaya Tri Rismaharini serta jajaran pemkot Surabaya menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia untuk terus berinovasi serta memberikan kontribusi terbaik untuk kemajuan negeri ini.