Loha, Takaiters!

UNBK telah selesai dan nilai pun sudah dibagikan. Namun, siapa sangka Ananda Hafidh Rifai Kusnanto, siswa kelas XII IPA 6 SMAN 4 Surakarta mendapat nilai ujian nasional berbasis komputer (UNBK) secara sempurna. Yuk, kita ulas faktanya.

1. Dari Keluarga Kurang Mampu

Foto: solo.tribunnews.com

Hafidh merupakan anak dari penjual mainan anak-anak asalĀ  Kertasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Siswa yang berumur 17 tahun ini meraih nilai rata-rata 100 di empat mata pelajaran (Mapel) di antaranya, Matematika, Kimia, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia.

Hafidh terkejut dan tidak pernah menyangka saat melihat hasil total nilai yang ia peroleh 400 karena awalnya yang penting nilainya bagus.

2. Tidak Ingin Membebani Sang Ibu

Foto: news.detik.com

Hafidh mengaku tidak pernah mengikuti bimbingan belajar (bimbel) karena tidak mau membebani orang tuanya. Hal ini karena sejak ayahnya meninggal, semua kebutuhan Hafidh beserta tiga adiknya bergantung pada Suratmi (Ibunya).

Sedangkan pendapatan setiap harinya tidak menentukan karena hanya berjualan mainan anak anak. Hafidh hanya mengandalkan buku-buku pelajaran dari sekolah dan soal-soal latihan.

3. Diterima di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta

Foto: banjarmasin.tribunnews.com

Hafidh pernah meraih medali perak dalam Olimpiade Astronomi tingkat nasional di Riau pada tahun 2017. Saat ini, ia telah diterima di Jurusan Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

4. Waka Bidang Kurikulum Tidak Menyangka

Foto: metrojateng.com

Meyra Dwi selaku Waka Bidang Kurikulum SMAN 4 Surakarta, mengaku tidak menyangka Hafidh memperoleh nilai UNBK sempurna karena dikenal sebagai anak pendiam dan low profile.

Tidak sampai di situ, ia juga sangat terkejut dengan nilai UNBK dengan rata-rata 100. Sebab, selama dirinya mengajar di SMAN 4 Surakarta, baru kali ini ada siswa yang mutlak mendapat nilai rata-rata setiap mapel 100.

Nah, Takaiters, keren banget, kan? Dari kasus Hafidh kita bisa jadikan motivasi. Bahwa jangan jadikan ketidak mampuan sebagai alasan untuk sukses dan percayalah bahwa setiap keinginan harus didasari dengan usaha. Semoga bermanfaat.