Halo, Takaiters!

Kebanyakan orang Indonesia suka makanan pedas. Salah satunya sambal. Tak lengkap  suatu hidangan makanan Indonesia tanpa menyertakan sambal sebagai hidangan pendampingnya.

Cita rasa pedas memang disukai mayoritas masyarakat Indonesia. Terlebih makanan khas Indonesia banyak yang bercita rasa pedas. Nah, sebenarnya kamu tahu gak sih kenapa orang suka makanan pedas? Simak yuk beberapa alasan menyukai makanan pedas bagi beberapa orang, Takaiters!

1. Selera yang dibentuk sejak kecil

alasan orang suka makanan pedas
Foto: bbc.com

Sebuah penelitian membuktikan bahwa selera makanan seseorang telah dibentuk bahkan sebelum kamu dilahirkan. Misalnya saja makanan yang dikonsumsi ibu saat mengandung akan mempengaruhi jenis makanan yang kamu suka juga lho. Dari situ selera makan kamu sudah mulai terbentuk.

Selain itu, hidangan yang selalu disajikan di rumah juga ikut mempengaruhi. Jika cita rasa pedas terus disajikan di rumah maka tidak menutup kemungkinan kalau rasa pedas menjadi kesukaanmu.

2. Rasa bahagia yang muncul dari makanan pedas

kenapa suka makanan pedas
Foto: halosehat.com

Zat capcaisin yang terdapat dalam makanan pedas merupakan zat yang menyebabkan iritasi dan menghasilkan sensasi terbakar di jaringan mana pun yang bersentuhan langsung dengannya, seperti di lidah. Sensasi itu dideteksi sebagai rasa sakit oleh tubuhmu yang memicu zat endorfin untuk menangkalnya.

Ketika zat endorfin semakin banyak diproduksi, maka kamu akan merasa lebih senang dari biasanya. Biasanya orang ingin merasakan sensasi itu sehingga tanpa sadar jadi kecanduan makanan bercita rasa pedas itu. Nah, kamu juga gitu gak?

3. Masokisme Jinak, Menyukai rasa sakit

Kenapa suka makanan pedas
Foto: newyou.com

Ada sifat yang disebut “masokisme” level jinak dan masih tergolong normal. Misalnya ada orang yang menyukai sesuatu yang berbahaya, tapi masih dalam kategori aman.

Sama halnya dengan orang yang suka makanan pedas. Sudah tahu pedas kok masih dimakan? Walaupun rasa pedas menimbulkan sakit di lidah dan perut, tapi kamu masih tetap mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan kamu sudah tahu bahwa rasa sakit ini tidak fatal dan tubuhmu menyanggupinya.

4. Lidahmu sudah kebal

Foto: medium.com

Lidah orang yang suka makan pedas sudah sering mengalami iritasi dan sensasi terbakar, maka tingkat kekebalannya semakin tinggi. Hal ini membuat kamu ingin merasakan rasa pedas yang lebih dan lebih lagi secara terus menerus.

Nah, inilah alasan menyukai makanan pedas bagi beberapa orang, Takaiters! Kalau kamu sendiri bagaimana?