Hai, Takaiters!

Di zaman sekarang, siapa sih yang tidak kenal dengan google/yahoo search si mesin pencari yang hanya dengan ketikan satu kata kunci, maka secara otomatis mesin pencari tersebut akan menampilkan secara penuh sesuai dengan yang kita cari.

Namun tahukah takaiters, mesin pencari kini tidak hanya google/yahoo search?

Sejak dirilis oleh Wolfram Research  pada tahun 2009, WolframAlfa kini kian diperhitungkan sebagai mesin pencari dan analisis dalam jaringan (daring).

Mesin yang diciptakan oleh Stephen Wolfram tidak hanya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan secara faktual dan dapat menjawab keseluruhan dengan perhitungan jawaban yang terstruktur, lebih dari itu, data yang dihasilkan dapat langsung diolah menjadi piranti lunak.

Hal tersebut dapat terjadi akibat dari pemanfaatan basis data terstruktur dan kumpulan data yang berlisensi yang dimiliki sendiri oleh Wolfram Research.

Ketika pengguna mengajukan pertanyaan berupa perhitungan melalui kolom teks, secara otomatis WolframAlpha akan mengolah data dan jawaban yang dihasilkan akan ditampilkan sesuai basis data yang dimiliki.

Pilihan jawaban dapat berupa grafik, solusi bilangan komplek, dan lain sebagainya sesuai dengan persoalan yang kita masukan dalam kolom teks.

Tidak hanya soal perhitungan, WolframAlpha juga dapat menyelesaikan persoalan lain seperti statistika, fisika, kimia, biologi, material, teknik, astronomi, komputasi, cuaca, geografi, sejarah, musik, serta bahasa.

  • Apa sih yang membedakan WolframAlpha dengan mesin pencari lain?

wolfram alpha download
Foto: wolframalpha.com

Meskipun disebut-sebut sebagai mesin pencari, namun ada beberapa hal yang membedakan antar WolframAlpha dengan mesin pencari lain. Apabila mesin pencari lain akan menampilkan daftar tautan halaman di internet, maka WolframAlpha akan menyajikan data dari perolehanya di internet.

Seperti contoh ketika kita memasukan kata kunci “Indonesia”, maka data yang ditampilkan akan berupa informasi corak bendera, lokasi Indonesia di peta dunia, luas area, perbatasan, populasi penduduk, etnis, agama serta gambaran besar lain yang berhubungan dengan Indonesia.

  • Lantas, bagaimana cara menggunakanya?

wolfram alpha pro apk
Foto: wolframalpha.com

WolframAlpha tidak hanya dapat kita jumpai dalam web, namun juga bisa kita unduh dari playstore smartphone kita. Cara menggunakanya pun sangat mudah, hanya beberapa langkah dan kita pun akan mendapat jawaban sesuai dengan yang kita butuhan.

Pertama, buka aplikasi WolframAlpha dan pilihlah persoalan apa yang ingin anda ajukan. Jika soal matematika kalkulus, maka format ketika memasukan soal dalam kolom teks harus lengkap dengan d/dx sebagai diferensial variabel x. Setelah secara lengkap mengisikan soal, tekan enter guna memunculkan jawaban.

Perlakuan yang sama pun berlaku apabila kita ingin mencari jawaban dari persoalan lain berupa pengetahuan umum. Kita hanya perlu memasukan kata kunci, maka data secara rinci akan ditampilkan oleh WolframAlpha.

Meskipun begitu, dalam beberapa kategori informasi yang ditampilkan akan sangat sedikt seperti pada masalah sejarah dan perkembangan ekonomi setiap negara di dunia.

  • Nih manfaat dari pengunaan WolframAlpha

wolfram alpha indonesia
Foto: infotechnology.com

Sebagai mesin pencari dan analisis, penggunaan WolframAlpha dalam kehidupan sehari-hari dapat membawa beberapa manfaat, diantaranya adalah:

1. Memudahkan dalam mencari mencari data yang bersifat ilmiah.
Hal ini adalah imbas dari penggunaan metode komputasi tertentu sehingga dapat memberi informasi secara jelas.

2. WolframAlpha hanya akan menampilkan satu halaman.
Berbeda dengan mesin pencari lain, WolframAlpha akan menampilkan secara rinci beragam informasi dalam satu halaman. Dengan tampilan seperti itu memungkinkan pengguna lebih efisien dalam penggunaan waktu.

3. Beragam informasi memiliki lisensi
Keunggulan lain yang diberikan adalah informasi yang disajikan telah dinilai pakar dan berlisensi. Tidak hanya berhenti disitu, untuk lebih meyakinkan penggunanya, WolframAlpha akan memberitahukan sumber rujukan yang digunakanya.

Bagaimana, Takaiters? Sekarang sudah tahu kan. Selamat mencoba.