Hai, Takaiters!

Lowongan CPNS selalu ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja baik dari mereka yang baru menyelesaikan kuliahnya ataupun bagi mereka yang sudah memiliki keluarga. Bagi mereka jika dapat lolos dalam tahapan-tahapan yang dipersyaratkan dalam lowongan CPNS adalah kebanggaan tersendiri, mereka akan antusias untuk mengikuti berbagai pelatihan atau bimbingan menjelang lowongan CPNS dibuka hingga akan dilakukannya tes CPNS.

Berakhirnya tahapan pertama yaitu tahap penyeleksian berkas banyak sekali pelamar yang gugur atau tidak lulus di tahap seleksi administrasi. Hal tersebut dikarenakan karena ketidaktelitian dari para pelamar itu sendiri. Beberapa kesalahan atau ketidaktelitian tersebut di antaranya adalah :

Tidak Membaca Persyaratan dengan Teliti

Foto: kaltimtoday.co

Ketika lowongan CPNS sudah diumumkan di web online yang menyediakan, seringnya pelamar tidak membacanya secara teliti dan tidak benar-benar memahami persyaratan-persyaratan yang diminta sehingga terjadi missunderstanding atau salah persepsi antara persyaratan yang diminta dengan yang dikirim oleh pelamar.

Pendidikan Tidak Sesuai dengan Formasi yang Dilamar

Foto: harianhaluan.com

Pelamar nekat melamar formasi yang jelas-jelas pendidikannya tidak sesuai dengan pendidikan yang dipersyaratkan pada formasi tersebut. Alhasil pelamar tidak akan lulus administrasi. Sebaiknya pilihlan formasi yang sesuai dengan pendidikan kamu, ya, Guys?

Tidak Mempersiapkan Berkas dan Melakukan Cek List

Foto: youtube.com

Seharusnya setelah membaca semua persyaratan yang diminta, segera persiapkan semua berkas yang dibutuhkan dan buatlah cek list agar tahu berkas sudah sesuai atau belum. Namun, nyatanya masih banyak pelamar yang mengirimkan berkas tidak sesuai dengan apa yang dipersyaratkan.

Tidak Segera Mengurus Persyaratan yang Vital

Foto: politik.mol.co

Pengiriman berkas lowongan CPNS hanya diberi waktu beberapa hari saja. Jika kamu tidak segera mengurus berkas yang berhubungan dengan instansi yang terkait maka kamu akan kehilangan waktu, bisa jadi kamu tidak bisa ikut mendaftar karena berkas belum selesai diurus. Seperti surat keterangan tidak buta warna dan STR untuk pelamar Tenaga Kesehatan ataupun KTP atau ijazah dan berkas lain yang hilang yang memerlukan pengurusan cepat. Jika salah satu tidak ada maka sudah pasti kamu tidak akan lulus administrasi.

Tidak Teliti Saat Meng-upload Berkas

Foto: pexels.com

Kesalahan yang banyak dilakukan adalah tidak teliti dalam meng-upload berkas. Banyak berkas yang hasil scannya tidak jelas dan tidak terbaca bahkan ada juga yang meng-upload hanya satu lembar dari berkas yang seharusnya 2 lembar. Kesalahan lain seperti keliru meng-upload misalnya harusnya ijazah asli tetapi yang di-upload foto copy-an, ada juga yang keliru dalam memasukkan file-filenya.

Tidak Mengecek Kembali Berkas Sebelum DiKirim

Foto: mrtakur01.blogspot.com

Mungkin karena merasa terlalu yakin bahwa berkas yang di upload sudah sesuai, hingga lupa mengecek kembali berkas sebelum mengklik kirim. Padahal bisa jadi pada saat proses penguploadan berkas jaringan eror dan berkas tidak ter-upload. Atau berkas ter-upload tetapi hanya sebagian saja. Jika sudah sampai pada klik kirim, kekurangan berkas atau kesalahan pengiriman berkas tidak dapat disusulkan atau diunggah lagi. Otomatis hal ini akan merugikan diri pelamar sendiri karena pelamar tidak akan lulus administrasinya.

Takaiters, bagi kamu yang kemarin ikut masukin lowongan CPNS dan belum lulus administrasi, mungkin ada salah satu persyaratan yang miss atau kurang. Bisa jadi karena ketidaktelitian kamu atau kecerobohan kamu. Nah, untuk tahun depan jika masih dibuka lowongan CPNS, kamu lebih teliti lagi, ya, Guys. Jangan pernah ulangi kesalahan yang sama dan jangan menyerah, Takaiters!