Hai, Takaiters!

Masih ingat dengan tempat wisata Curug Pitu dan Curug Pletuk yang pernah Takaitu bahas? Yup, kedua curug tersebut ada di kabupaten Banjarnegara dengan lokasinya yang berbeda. Masing-masing dari curug tersebut memiliki keunikan dan keindahan yang sangat memesona.

Nah, sekarang Takaitu akan ajak kamu menjelajah ke Curug Sinom Indah yaitu tempat wisata di kecamatan Kalibening kabupaten Banjarnegara. Meluncur, yuk, kesana, Takaiters!

Lokasi Curug Sinom Indah

wisata alam curug sinom indah kalibening
Foto: youtube.com

Berada di desa Kasinoman kecamatan Kalibening, rute yang harus ditempuh untuk sampai ke Curug ini dari Banjarnegara kurang lebih 47 km atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Gerbang masuk ke Curug Sinom Indah tepat berada di tepi jalan raya Wanayasa-Kalibening.

Dari gerbang utama menuju lokasi cukup jauh kurang lebih 5 meter. Akses jalannya masih berupa tanah yang cukup ekstrim karena banyak tanah yang berlubang dan licin. Untuk kesana akan lebih mudah menggunakan sepeda motor karena jika memakai mobil jalannya sempit walaupun masih bisa dilaluinya.

Hutan Pinus

wisata alam curug sinom indah kalibening banjarnegara jawa tengah
Foto: tribunnews.com

Begitu memasuki pintu masuk obyek wisata maka yang terpampang di depan mata adalah keasrian hutan pinus yang sangat rindang. Hijaunya lingkungan dan udara yang sejuk mampu menghadirkan rasa bahagia bagi para wisatawan begitu menginjakkan kaki disana.

Area hutan pinus ini cukup luas. Penataannya pun cukup menarik. Pohon-pohon disini tertata sangat rapi. Terbukti di sepanjang jalan setapak hutan ini kiri kanannya terdapat tanaman sebagai pagar yang sangat rapi.

Area Bermain Anak

Foto: kompas.com

Bagi pengunjung yang membawa serta keluarga tidak perlu khawatir. Di samping area yang cukup luas terdapat juga area bermain untuk anak yakni banyaknya rumah-rumah kurcaci yang dibuat dengan beragam bentuk yang lucu yang pastinya akan disukai anak-anak. Selain itu  terdapat juga ayunan yang bergantung dari satu pohon dan pohon lainnya dan juga gazebo-gazebo untuk tempat duduk dan melepas lelah.

Curug Sinom Indah

Foto: old.sumber.com

Semakin melangkahkan kaki ke dalam hutan  maka akan terdengar gemericik merdu air terjun yang beradu dengan bebatuan. Lalu mata kamu akan tertuju pada warna putih bersih yang berkelok indah dari atas bukit ke bebatuan di bawahnya.

Yup, itulah air terjun curug Sinom Indah yang begitu memesona. Airnya yang jernih berjatuhan ke kolam di bawahnya. Sangat dingin dan segar saat kamu menyentuhnya. Di depan curug terdapat sebuah kolam. Meskipun tidak begitu luas namun bisa digunakan untuk mandi dan bermain air.

Air Curug Sinom Indah Membuat Awet Muda

Foto: travel.kompas.com

Mata air curug sendiri berasal dari bukit yang mengelilinginya. Meskipun aliran airnya tidak begitu besar tetapi curug ini jarang sekali kering. Selain indah, ternyata curug ini juga memiliki cerita yang melegenda.

Konon kabarnya siapapun yang mencuci muka di curug ini akan menjadi awet muda. Cerita ini dipercaya sampai sekarang ini. Pengunjung yang datang pasti akan menyempatkan untuk mencuci mukanya dengan air yang mengalir dari curug Sinom Indah ini.

Takaiters, yuk, berkunjung ke curug Sinom Indah?