”Dimana bumi dipijak, disitu langit di junjung”

Pepatah milik orang minang yang satu ini sudah sangat sering digunakan perantau ketika mereka berada jauh dari kampung halamannya. Suku minang memang dikenal suka merantau sejak dulunya, namun kemanapun mereka pergi yang menjadi ciri khasnya adalah berdagang.

Sabtu, 21 Januari 2016 ketika Tim Takaitu.com berjalan-jalan di sebuah pasar malam daerah Bangi, Selangor Malaysia, tidak sengaja ketika berbelanja makanan, terdengar percakapan dengan bahasa minang yang sangat jelas. Dan spontan setelah selesai makan ketika membayar makanan terjadilah percakapan hangat dengan pedagang yang mengaku asal Payakumbuh Sumatera Barat.

Sebut saja namanya Ujang, menurutnya sangat banyak pedagang asal Minang yang sejak lama berniaga di pasar malam tersebut. Bagi Ujang, berdagang di Malaysia lebih menguntungkan, selain nilai tukar uangnya yang lebih tinggi dari Indonesia makanan Indonesia juga sangat banyak peminatnya di Malaysia.

“ Bukan saja jualan makanan lho yang banyak peminatnya, jualan pakaian juga rame orang minang disini, dan rata-rata pakaian yang mereka jual juga mereka beli di Tanah Abang Jakarta, dan sebagian besar pedagang asal Minang di sini sudah puluhan tahun jualan.”

Wah..wah.. ternyata oh ternyata orang Minang memang perantau sejati, dan pedagang yang sangat ulung. Kemanapun mereka pergi jurus dagangnya selalu memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Menurut si Ujang lagi, katanya di Malaysia bahkan ada satu negeri yang dihuni oleh keturunan Minang yang sejak puluhan tahun lalu telah hijrah meninggalkan kampung halamannya. Namanya Negeri Sembilan, katanya memang disana hidup keturunan negeri Pagaruyung yang merantau puluhan tahun lalu.

“ Kalau kita berkunjung ke Negeri Sembilang Malaysia, disana akan sangat banyak kita temukan makanan asal Minang, mulai dari rendang dan berbagai makanan khas Minang lainnya, dan untuk diketahui, komunitas pasar malam di Malaysia rata-rata merupakan pedagang asli keturunan Minang yang sudah lama hijrah di Malaysia,” jelas si Ujang semangat.

PILIHAN EDITOR

Masih banyak lagi ternyata daerah-daerah yang dihuni oleh masyarakat minang perantau di Malaysia. Dan sebagian besar dari mereka memang hidup dengan berdagang dengan jenis perniagaan yang sangat beragam.

Naah… ada lagi nih tempat lainnya menurut si Ujang yang banyak makanan asal Minangnya. Jadi…jika nanti pembaca Takaitu.com yang sedang berkunjung ke Malaysia dan merindukan makanan khas Minang, kata si Ujang kalian boleh mengunjungi pasar Chowkit Kuala Lumpur.

Di daerah ini segudang makanan khas minang dapat kalian temui. Mulai dari sate padang, soto padang lontong pical dan masih banyak aneka jajanan pasar asal Minang lainnya dengan mudah dapat kalian temui… J