Halo, Takaiters!

Kehabisan uang saat tengah bulan memang menyebalkan, kan, Guys? Apalagi kamu masih lama lagi menerima kiriman uang dari orang tua. Kebutuhan pelajar atau mahasiswa memang bukan sekadar makan, ada tugas-tugas yang harus menyediakan dana lebih supaya kegiatan pembelajaran berlangsung lancar.

Lantas, langkah apa saja yang bisa diambil untuk menghindari kehabisan uang sebelum waktunya? Berikut tips menabung supaya uang cukup dan lebih saat kiriman datang bulan berikutnya.

1. Sisihkan Separuh Jatah Bulanan

Foto: pixabay.com

Kamu memang harus sedikit kejam, Guys. Dengan begini kamu tidak akan menganggap uang yang kamu mliki masih banyak. Pangkas separuh dan sisihkan sisanya. Langsung masukan dalam pos-pos seperti uang transport, uang makan, bayar kos, uang sabun, dan jangan berani-berani mengambil jatah melebihi pos tersebut. Atur untuk setengah bulan ke depan.

2. Menabung Sesuai Tanggal

Foto: pixabay.com

Saat sudah dimasukkan dalam pos-pos, sisihkan uang sesuai tanggal. Misal, tanggal 1 menyisihkan seribu dan begitu seterusnya. Otomatis saat tanggal semakin tua, kamu semakin irit, Guys. Pastinya, masih punya uang saat habis bulan.

3. Sisihkan Sesuai Nominal

Foto: pexels.com

 

Ada yang pernah mencoba, asal ketemu pecahan dua puluh ribuan, maka akan langsung masuk celengan. Untuk pelajar bisa dicoba dengan nominal yang lebih kecil. Katakanlah, asal ada uang lima ribu, langsung sisihkan. Ini akan sangat berarti saat tanggal tua.

4. Berhemat

Foto: fimela.com

Sepertinya kata ini sangat familier bagi anak indekost. Eh, tetapi jangan salah, banyak yang tahu dan menerapkan, tetapi gagal total. Banyak cara untuk melakukan langkah penghematan ini, misal masak sendiri, bawa bekal, belanja kebutuhan bulanan sekaligus. Dengan belanja sekaligus, kamu akan menghemat ongkos dan waktu.

5. Menambah Penghasilan dengan Menjual Hobi

Foto: pexels.com

Bagaimana mau menabung, uang bulanan saja pas-pasan? Ada yang mengeluh begini? Tenang, Guys, banyak temanya. Mengeluh tidak menyelesaikan masalah bukan? Lebih baik mencari solusi dari minimnya jatah uang yang kamu terima.

Misal, menjual hobi. Kamu pasti akan senang melakukan ini. Siapa, sih, yang nggak suka mengerjakan hobinya? Apalagi hobi itu menghasilkan uang. Misal, menulis, dengan menjual tulisan, kamu bisa menambah uang saku bulanan. Atau menggambar, banyak doodle yang handmade dan dijual secara online di luaran sana. Atau masakan. Bisa, kan, jual lauk pada teman kos?

Nah, Guys, bisa diaplikasikan, ya, tips-tips di atas? Bukan berarti anak kos tidak bisa memiliki tabungan. Hal ini bisa melatih diri saat nanti sudah bekerja. Managemen uang yang sudah terlatih sejak dini, akan membuat kamu terhindar dari kehabisan uang.