Hi, Takaiters!

Selama pandemi seperti ini, kira-kira apa kegiatan yang kalian lakukan? Sekarang lagi tren hobi bercocok tanam dan berkebun nih. Bagaimana dengan Takaiters? Rupanya masa pandemi mengajarkan banyak hal, terutama untuk terus menjaga pola hidup sehat.

Pola hidup sehat bisa kita terapkan dengan selalu mencuci tangan, rutin olahraga dan berjemur di pagi hari saat sinar matahari masih bagus untuk memasok vitamin D pada tubuh manusia. Selain olahraga dan berjemur, bisa menghirup udara bersih agar paru-paru kita mendapatkan banyak stok oksigen adalah hal baik sebagai usaha pencegahan virus Covid 19. Seperti yang kita ketahui bahwa virus ini menyerang sistem pernapasan manusia.

Takaiters tahu tidak, ternyata kota Pasuruan memiliki sebuah Kebun Raya yang luas sekali dan asri. Tempat tersebut memiliki berbagai macam tumbuh-tumbuhan, taman yang luas dan pastinya menyediakan banyak oksigen bagi kesehatan paru-paru kita.

Penasaran dengan tempat asri tersebut bukan? Simak informasi tentang Kebun Raya Purwodadi, Takaiters!

Alamat dan Lokasi Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi
Foto: doc. Pribadi

Pasuruan merupakan sebuah kota di Jawa Timur bersebelahan dengan kota Malang. Letaknya yang strategis memiliki banyak destinasi wisata alam dan tentu menakjubkan, yaitu salah satunya adalah Kebun Raya Purwodadi.

Tempat ini menyumbangkan udara segar, taman yang luas membentang dan wahana edukasi alam mengenai berbagai macam tanaman. Lokasi tempat yang memberikan panorama alam yang damai dan sejuk tersebut berada di Jalan Raya Surabaya-Malang No. Km. 65, Sembung Lor, Parerejo Kecamatan Purwodadi untuk mencapai tempat itu sangat mudah, sebab berada di samping jalan raya lintas provinsi.

Akses nya juga mudah, karena setiap jalan di tempat wisata itu sudah beraspal sehingga tidak perlu khawatir akan jalan yang terjal be batuan.

Kebun Raya ini memiliki luas 85 hektare dan didirikan oleh Dr. L.G.M Bass Becking pada 30 Januari 1963 akan tetapi baru di buka untuk umum pada 10 Maret 1963. Tempat ini mengoleksi jenis tumbuhan hidup dataran rendah kering Indonesia.

Ticket Masuk Wisata

kebun raya purwodadi pasuruan
Foto: doc.pribadi

Setiap pengunjung dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp.9.500 dan parkir roda empat sebesar Rp.10.000. Bagaimana? Cukup ter jangkau ya? Takaiters, bisa ajak siapa aja ke tempat ini, terutama orang terdekat Takaiters, tapi ingat tetap patuhi protokol kesehatan ya. Jangan lupa pakai masker dan jaga jarak.

Pada era new normal sekarang pihak penyelenggara wisata alam menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Pengunjung diwajibkan cek suhu badan satu persatu ketika hendak memasuki kawasan tersebut dan di setiap sudut jalan tersedia wastafel untuk mencuci tangan.

Kebun ini buka pada jam operasional Senin-Jumat pukul 07.00-16.00 WIB sedangkan pada hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional buka pada pukul 06.30-17.00 WIB.

Fasilitas Wisata di dalam Kebun Raya

kebun raya purwodadi dibuka kembali
Foto: doc.pribadi

Pengunjung dapat menikmati dan memanfaatkan beberapa fasilitas yang disediakan oleh Kebun Raya diantaranya camping ground, bersepeda mengelilingi kebun, wisata edukasi rumah kaca, pelatihan memperbanyak tanaman dan pembuatan kompos.

Penggunaan lokasi untuk shooting, penggunaan lokasi untuk foto pernikahan, perpustakaan, identifikasi tanaman, pendidikan lingkungan, bimbingan penelitian, layanan magang, piknik keluarga dan masih banyak fasilitas asyik lainnya yang bisa Takaiters dapatkan jika berkunjung ke Kebun ini.

Selain bisa berwisata sehat, ilmu pengetahuan mengenai tumbuhan juga akan di dapat. Wah tunggu apa lagi? Daripada suntuk, jenuh dan bosan karena sekarang semua dilakukan di rumah, sesekali keluar berwisata menyehatkan boleh lah. Asal protokol kesehatan tetap dilakukan.