Hi, Takaiters!

Kalau kamu berkunjung ke Kebun Raya Kuningan, jangan hanya berburu foto instagenic saja guys! Disini kamu juga bisa lho mengamati burung! Birdwaching sebutan kerennya.

  • Pesona Birdwaching di Kebun Raya Kuningan

Kamu cukup membawa kamera untuk mengabadikan burung-burung cantik dan binokuler (teropong) untuk mengamati burung. Bagaimana? Simple bukan? Oh iya, jangan lupa bawa botol air minum ya! Jaga-jaga saja kalau kamu kehausan, jadi tinggal minum deh.

kebun raya kuningan diresmikan tahun
Foto: dokumen pribadi (Binokuler, birdwaching)

Paling seru kalau birdwaching dilakukan pagi-pagi banget guys, sekitar jam setengah enam pagi sampai jam delapan pagi. Burung-burung banyak yang bertengger di pepohonan, seperti burung Cucak Kutilang, Cekakak Sungai, Tekukur, dan lain sebagainya.

Bahkan kalau kamu beruntung bisa menjumpai burung Elang sedang terbang rendah mencari mangsa di sekitar kawasan Kebun Raya Kuningan. Burung Elang, biasanya muncul sekitar jam sepuluh pagi atau muncul juga waktu siang menjelang sore lho guys! Menarik bukan?

kebun raya kuningan kungsi ditutup
Foto: dokumen pribadi (Peta persebaran jenis burung, Kebun Raya Kuningan)

Guys, kalau kamu ingin mencari spot yang paling mudah menjumpai burung, coba deh datangi lokasi-lokasi berikut ini! Dijamin kamu bakal melihat burung-burung cantik sedang bersantai ria di puncak-puncak pohon. Bagaimana? Ayo buruan tracking ke lokasi berikut!

• Patung Kuda dan Taman Kuning

kebun raya kuningan teh perenahna di desa
Foto: dokumen pribadi (Taman Kuning, air mancur)
kebun raya kuningan (taman tematik bunga kuning) kabupaten kuningan jawa barat
Foto: dokumen pribadi (Patung Kuda, view Gunung Ceremai)

Patung Kuda dan Taman Kuning merupakan objek andalan di Kebun Raya Kuningan, objek wisata ini selalu ramai pengunjung saat weekend. Sekedar bersantai atau mencari spot untuk berfoto.

Selain pemandangan yang indah, ditambah dengan pemandangan barisan perbukitan dan hutan pinus, kamu juga dapat dengan mudah melakukan pengamatan burung disini guys!

Apalagi di lokasi Patung Kuda, jangkauan mata memandang sangat luas, kamu bisa melihat seluruh kawasan Kebun Raya Kuningan dari sini lho.

Oh iya, kalau kamu beruntung, kamu dapat menjumpai burung elang terbang rendah disini lho. Elang jenis apa saja itu? Ada Elang Jawa, Elang Ular Bido, dan Elang Hitam. Wow 

Di Taman Kuning, kebanyakan kamu akan menjumpai burung Cucak Kutilang, Bondol Peking, burung Madu Srigantil dan burung Gereja Biasa sedang terbang bergerombol. Terkadang juga terlihat sedang bertengger di air mancur yang terdapat di Taman Kuning.

• Menara View Deck

kebun raya kuningan (taman tematik bunga kuning) kuningan padabeunghar kabupaten kuningan jawa barat
Foto: dokumen pribadi (Cucak Kutilang, aktivitas sedang bertengger)
Foto: dokumen pribadi ( Menara view deck)

Menara yang belum lama dibangun ini, disiapkan oleh pengelola sebagai tempat untuk berfoto-foto bagi pengunjung yang datang.

Lokasinya sebelum Patung Kuda dan Taman Kuning. View menara terlihat indah, Gunung Ceremai terlihat gagah sekali jika dipandang dari atas menara view deck ini. Ditambah pemandangan hutan pinus, padang rumput hijau, dan barisan perbukitan menambah keindahan Kebun Raya Kuningan.

Sambil meneropong burung-burung di pucuk-pucuk daun pinus, dan pucuk pohon akasia yang meranggas menambah keindahan tersendiri. Burung Tekukur dan Cucak Kutilang terlihat bertengger di ranting pohon Akasia yang meranggas. Dederuk terlihat sedang mencari makan di rerumputan, berebut dengan burung Gereja.

Jika beruntung, terkadang Cekakak Sungai terlihat sedang bertengger di ranting pohon sebelum terbang ke arah danau-danau kecil di pinggir kaki Gunung Ceremai. Sungguh damai suasana ini!

• Situ Cibuntu

kebun raya kuningan jawa barat
Foto: dokumen pribadi (kondisi musim kemarau)
lokasi kebun raya kuningan jawa barat
Foto: dokumen pribadi (Elang Ular Bido, terbang rendah)

Kalau ingin mendapatkan burung-burung cantik, kamu bisa memulai tracking masuk hingga ke lereng-lereng Gunung Ceremai. Menyibak dedaunan dan semak belukar di sepanjang danau Cibuntu atau dikenal pula dengan sebutan Situ Cibuntu.

Disini kalau pagi hari, masih menjumpai burung Cucak Kutilang, Bondol Peking, Bondol Haji, bahkan burung Betet. Jika kamu mengatur teropong dengan baik, di balik semak-semak terkadang terlihat burung Bubut sedang bersembunyi. Di ranting-ranting pohon Durian ada Cekakak Sungai sedang mengintai mangsanya.

• Lawn

Foto: dokumen pribadi (Lawn, birdwaching)
Foto: dokumen pribadi (Raja Udang Meninting, bertengger)

Lokasinya adem banget guys, selain bisa guling-guling di rerumputan, kamu bisa ngamatin burung disini. Sayangnya, kalau sudah menjelang siang udaranya panas guys, karena pohon-pohon jarang tumbuh disini.

Paling banyak burung Dara, burung Gereja dan Cucak Kutilang, yang sering terlihat hinggap di rerumputan untuk mencari makan atau sekedar bertengger di pohon Kemuning.

Kalau beruntung bisa berjumpa burung Raja Udang Meninting bertengger atau burung Elang hitam yang melintas di langit.

Bagaimana guys? Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Kebun Raya Kuningan? Persiapkan binokuler dan kamera terbaikmu ya!