Hai, Takaiters!

Sejak dulu Yogyakarta memang sudah terkenal dengan surganya para pencinta kuliner. Kita bisa menemukan beragam kuliner legendaris dan lezat, salah satunya bakmi Jawa. Ada beberapa tempat makan bakmi Jawa yang sudah terkenal karena kelezatannya, mulai dari terletak di tengah kota sampai agak masuk ke pedesaan.

Tempat-tempat itu tidak pernah sepi pengunjung, Guys. Bahkan, salah satunya ada yang menjadi langganan Presiden. Aih, keren, ya! Yuk, buruan kita bahas daftarnya!

1. Bakmi Mbah Gito

Foto: pakettourjogja.com

Bakmi Mbah Gitu ini merupakan salah satu tempat makan yang paling legendaris di Yogyakarta. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung karena kelezatan rasanya, selain itu tempatnya pun unik dengan suasana tradisional yang kental.

Mbah Sugito, sang pemilik warung menyulap kayu dari bekas kandang sapi menjadi tempat makan yang tenang, nyaman, dan unik. Jadi tidak heran kalau tempat makan ini selalu menjadi buruan para pecinta kuliner.

2. Bakmi Pak Pele

Foto: tribunnews.com

Jika ingin menikmati suasana alun-alun Keraton yang syahdu sembari ditemani bakmi lezat? Nah, datang saja ke Bakmi Pak Pele, salah satu unggulan bakmi Pak Pele adalah lokasi yang berada tepat di pojok alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Soal rasa, tidak perlu diragukan lagi, pasti enak!

3. Bakmi Kadin

Foto: makanjogja.com

Tidak sulit untuk menemukan warung bakmi ini karena lokasinya tepat di tengah kota Yogyakarta. Yang membuat spesial adalah cara memasaknya. Setiap porsi yang dipesan tidak dimasak dalam jumlah besar tapi dimasak dengan cara terpisah, jadi jangan heran kalau rasanya selalu terasa istimewa. Namun, karena cara masak yang terpisah, kita wajib ekstra sabar untuk nunggu.

4. Bakmi Shibitsu

Foto: spotunik.com

Untuk bakmi Jawa ini terasa sangat spesial karena diracik seorang tunawicara dan karena itu pula warung sederhana ini dinamakan Shibitsu. Meski begitu kalau masalah kelezatannya boleh diadu dengan bakmi Jawa di tempat lain.

Selain bakminya yang nikmat, untuk minuman yang ditawarkan tidak cuma teh dan jeruk saja. Kita bisa menjajal tape dan jahe yang disajikan dengan gula batu.

Selain bakminya yang nikmat, minuman yang ditawarkan pun gak cuma teh dan jeruk. Kamu bisa menjajal tape dan jahe yang disajikan dengan gula batu.

Pilihan Editor


5. Bakmi Jawa Pak Geno

Foto: tripadvisor.co.id

Tempat bakmi Jawa Pak Geno ini jauh dari kesan mewah tapi bakmi satu ini begitu legendaris karena sempat menjadi langganan Presiden Kedua di negri ini. Konon bakmi inilah yang menjadi langganan pak Harto ketika datang berkunjung ke Yogyakarta.

Bahkan sang pemilik sempat diundang ke Istana untuk memanjakan lidah Soeharto dan para tamunya kala itu. Ciri khas bakmi Pak Geno ini adalah aromanya yang pekat dan kuat. Kuah bakmi godognya juga sangat kental dengan cita rasa gurih antara kaldu bercampur dengan rempah-rempah.

6. Bakmi Mbah Mo

Foto: jadiberita.com

Letaknya agak masuk, tapi antrean di warung bakmi Jawa ini selalu mengular. Bakmi sederhana ini terletak di Desa Code, Trirenggo, Bantul. Jika bakmi lain terasa manis, bakmi Mbah Mo rasanya cenderung gurih. Selain rasanya yang nikmat, lokasi yang berada di pedesaan dan jauh dari kebisingan menjadi nilai plus.

7. Bakmi Pak Rebo

Foto: makanjogja.com

Foto: goodindonesiafood.comSatu lagu bakmi Jawa legendaris yakni Bakmi Pak Rebo yang sudah ada sejak 1960-an. Rasa bakmi yang gurih dengan campuran telur bebek, kaldu ayam dan suwiran daging ayam kampung membuat bakmi ini selalu jadi buruan para pecinta kuliner dan turis.

8. Bakmi Jawa Karangjati Selokan Mataram

Foto: pegi-pegi.com

Bakmi ini tidak begitu terkenal dibandingkan dengan warung-warung bakmi legendaris lainnya. Namun kalau ukuran rasa, berani diadu dengan warung bakmi terkenal lainnya.

Dengan harga yang jauh lebih murah dan rasa lezat menjadi nilai plus bagi warung bakmi ini. Keunikannya adalah sang penjual selalu berpakaian rapi, menggunakan kemeja, celana panjang, dan sepatu selama meracik bakmi Jawa.

Guys, gimana sukses kan bikin ngiler? Nah, buat yang mau jalan-jalan ke Yogyakarta bisa, nih, dimasukkan ke list kuliner yang akan kamu datangi. Semoga bermanfaat!