Hola, Takaiters!

Kehidupan tidak selamanya berjalan sesuai harapan. Terkadang ada saja masalah atau hal-hal yang membuat seseorang tertekan. Jika tidak kuat menghadapinya, kondisi ini bisa mengakibatkan orang bertindak nekat. Maka kamu harus melakukan langkah antisipasi, sehingga dapat tetap tenang saat stres melanda.

Beban pekerjaan, ditinggalkan oleh orang yang dikasihi, cekcok dalam keluarga, hubungan yang tidak rukun dengan orang sekitar, sampai hutang, merupakan beberapa penyebab stres yang umum dialami seseorang. Ketika kamu merasa tertekan, lakukan tujuh kiat jitu berikut ini.

1. Mencari Penyebab Stres

Foto:pexels.com

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa penyebab stres ada bermacam-macam. Kamu harus mengetahui apa yang mengakibatkan dirimu tertekan, ya, Guys. Dengan demikian, kamu pun akan mampu mencari solusi tepat dari permasalahan yang dihadapi.

2. Berbagi dan Berdoa

Foto: pexels.com

Berbagi tak akan membuatmu rugi. Berbagi tidak akan membuatmu miskin. Pegang kedua prinsip tersebut kuat-kuat. Tak sebatas materi, kamu juga bisa berbagi ilmu atau segala hal yang kamu miliki dan sekiranya bermanfaat untuk orang lain. Selain itu, kamu pun dapat berbagi rasa maupun cerita kepada orang yang benar-benar kamu percaya. Apabila kamu merasa kurang yakin untuk curhat, maka mengadu kepada Yang Kuasa adalah langkah paling tepat untuk dilakukan.

3. Lakukan Aktivitas Positif

Foto: pexels.com

Alih-alih memikirkan masalah yang kamu hadapi, lebih baik putar pikiran dan mulailah lakukan aktivitas positif. Kamu tidak mau hidupmu diselimuti kesedihan terus menerus ‘kan, Guys? Ingat! Roda hidup terus berjalan. Kamu pun tak boleh larut dalam tekanan yang justru mampu membuatmu kian terpuruk.

Pilihan Editor


4. Istirahat Sejenak

Foto: pexels.com

Bila stres melanda, tak ada salahnya untuk melepaskan beban di hati dengan istirahat atau tidur sejenak. Kondisi ini membuat tubuh menjadi rileks, sehingga mampu mengurangi stres.

5. Manajemen Waktu

Foto: pexels.com

Ada kalanya seseorang depresi akibat merasa pengaturan waktunya berantakan. Yups, ia merasa sudah membuat to do list, akan tetapi tidak semua bisa direalisasikan atau berjalan sesuai harapan. Maka, ketika merombak manajemen waktu, kamu pun harus menyadari bahwa tidak sepenuhnya  yang ada dalam catatan bisa terwujud. Pasti terdapat suatu masa, catatan dan rencana hanya sebatas angan. Bersikaplah fleksibel, sehingga ketika terjadi ketidaksesuaian antara to do list dengan kenyataan, kamu tidak akan merasa tertekan.

6. Yakin Akan Kemampuan Diri Sendiri

Foto: pexels.com

Setiap orang sejatinya memiliki kekuatan dan kelebihan. Sayangnya, tidak semua menyadari hal tersebut. Tak heran, ya, Guys, kalau kamu malah stres menghadapi suatu masalah yang sebenarnya bisa kamu selesaikan dengan mudah akibat kurang pede. Tumbuhkan rasa percaya diri, yakinlah akan kemampuan dirimu dalam menghadapi tiap rintangan di hadapan.

7. Menerima dan Lapang Dada

Foto: pexels.com

Cobalah untuk berdamai dengan stres. Jangan dihindari, namun jalani saja. Anggap itu sebagai cerita yang membuat hidupmu lebih berwarna. Lihat orang di sekelilingmu. Belajarlah dari mereka, ketahui bagaimana mereka bisa menjalani hidup dengan semangat dan tetap positif meski masalah kerap melanda.

Semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Jangan tenggelam dalam tekanan dan bertindak negatif ketika stres melanda, ya, Guys. Karena kita semua berhak bahagia.