Hai, Takaiters!

Bali merupakan salah satu destinasi wisata paling terkenal di dunia. Banyak selebritis dunia yang berlibur ke Bali, bahkan para turis mancanegara banyak yang memutuskan menetap di Bali setelah berlibur.

Bali dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, pantai-pantainya yang indah dan tentu saja budayanya yang sangat kental.

Banyak dari kita yang masih ragu berlibur ke Bali karna mengira biaya hidup di Bali mahal. Padahal sebenarnya tidak juga. Berikut tips liburan ke Bali untuk kamu yang low budget, Takaiters!

1.Menginap di Penginapan atau Kos

tips liburan ke bali bagi pemula
Foto: celebes.com

Karna kamu ke Bali untuk liburan dan bukan untuk tidur-tiduran saja. Jadi kamu cukup menginap ditempat yang biasa saja asal bisa tidur dan aman. Kamu bisa menginap di Jalan Popies yang terkenal dengan banyak penginapan murah di bawah seratus ribuan, bahkan di bulan februari lalu ada penginapan seharga enam puluh ribu untuk dua orang loh.

Bayangin tuh murahnya dan kamu bisa bagi dua dengan temanmu. Kamu juga bisa menyewa kos di Denpasar sekitaran jalan Tukad Petanu dengan harga mulai empat ratus ribuan perbulan. Waaah kalau ini sih kamu bisa merasakan sekalian jadi anak kos di Bali.

2. Makan Nasi Jinggo

tips liburan ke bali murah
Foto: kompas.com

Nah salah satu hal paling penting dalam berlibur adalah mengisi tenaga dengan makan. Banyak banget makanan murah yang bisa di dapat di Bali. Salah satunya nasi jinggo seharga lima ribuan.

Kalian bisa sarapan dengan nasi jinggo atau makan malam juga enak. Siangnya kalian bisa makan bakso seharga sepuluh ribuan yang banyak di daerah denpasar, bisa juga makan lalapan di dalam pasar kuta.

3. Sewa Motor

tips liburan ke bali tanpa travel
Foto: lifepal.co.id

Di Bali jangan jalan-jalan pakai mobil, lebih nikmat pakai motor biar bisa menelusuri gang-gang kecil dengan ukiran yang indah sepanjang jalan. Kalian bisa sewa motor dengan harga lima puluh ribuan per hari. Biasanya ini yang agak berat, sewa motor lumayan menguras kantong, jadi sebaiknya kalian jangan liburan sendiri supaya bisa bagi dua.

4.Memilih Tempat Wisata

tips liburan low budget ke bali
Foto: raskitatour.com

Nah sebenarnya hampir semua sudut Bali seperti tempat wisata. Kalian tinggal memilih mau kemana. Jika kalian low budget maka sebaiknya jangan nongkrong di Club karna harganya lumayan. Kalian bisa ke kintamani nongkrong cantik dengan latar gunung.

Atau ke pantai melasti yang suasananya seperti di luar negeri, jika ingin pantai yang sepi kalian bisa ke pantai gunung payung dengan hamparan pasir putih yang indah, tapi kalian harus siap-siap menuruni ratusan anak tangga. Atau jalan-jalan random tanpa google maps dan melihat keunikan Bali.

5. Rajin Pantau Harga Tiket

Foto: harianhaluan.com

Tiket salah satu menjadi kendala orang ingin berlibur. Apalagi jika transportasi yang digunakan adalah pesawat. Tapi tidak perlu takut, kalian yang niat berlibur bisa memantau harga tiket melalui aplikasi pemesan tiket. Jika beruntung, kalian bisa mendapatkan tiket seharga lima ratus ribuan seperti yang saya dapatkan untuk rute Balikpapan Bali.

Jika kalian dari pulau jawa maka akan jauh lebih murah menggunakan kereta api, dari Jogjakarta ke banyuwangi dengan harga seratus ribu. Lalu menyebrang ke Bali dan dilanjutkan naik Bis ke Mengwi lalu pesan taksi online ke daerah Kuta atau Denpasar.

Itu tadi sedikit tips liburan ke Bali untuk kalian yang ingin berlibur tapi selalu ragu karna Low Budget. Meskipun di kala Pandemi, Bali masih cukup aman untuk berlibur karna destinasi wisatanya lebih banyak alam terbuka. Tapi jika kalian ragu maka bisa menunggu Pandemi mereda.