Halo, Takaiters!

Menonton film menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk menghabiskan waktu luang mereka. Bahkan, ada yang menjadikan hal ini sebagai hobi. Banyak genre film yang bisa jadi pilihannya, salah satunya film bergenre horor. Film horor, baik yang bersentuhan langsung dengan setan dan dunia supranatural, atau subgenre thriller, slasher, dan gore, punya keseruan tersendiri. Ternyata film horor berpengaruh terhadap kesehatan mental lho, simak ulasannya berikut ini, yuk!

Penyaluran

foto: rock.cafe.info

Film horor menjadi media untuk mengekspresikan emosi rasa takut yang seringkali jadi terhambat penyalurannya. Margee Kerr, sosiolog dalam buku Scream: Chilling Adventure in the Science of Fear menjelaskan, film horor dan subgenrenya memungkinkan kamu untuk meresapi emosi itu tanpa takut merasa malu atau dipermalukan. Saat menonton film seram, kamu secara sukarela menonton untuk merasakan emosi negatif seperti ketakutan dan kontrol atas emosi negatif inilah yang kamu nikmati saat menonton.

Lupa Rasa Sedih dan Sakit Sesaat

Foto: shutterstock.com

Sinyal bahaya yang melewati hipotalamus di otak saat menonton film horor akan menstimulasi kelenjar adrenan untuk memproduksi adrenalin dan opiates. Efeknya seperti anastesi, yang membuat kamu sesaat kebal akan rasa sakit. Selain itu, adrenalin bisa membantu kamu yang punya gejala depresi untuk merasa lebih happy, dengan menurunkan rasa kecemasan, kesedihan dan putus asa.

Permainan Mood

Foto: pt.videoblock.com

Adegan seram dalam film horor membuat tubuh kamu mengaktifkan mode fight or flight, kewaspadaan untuk melawan (dengan tetap menonton) atau kabur (dengan menutup mata atau memeluk teman di sebelah). Di saat yang bersamaan, otak akan melepas hormon adrenalin, serotonin, dopamin, dan oksitosin. Hal ini membuat kamu merasa perasaan takut ini jadi sesuatu hal yang menyenangkan, karena kamu lepas dari rasa bosan sebelum menonton.

Efek Katarsis

Foto: shutterstock.com

Film horor bisa mengalirkan ketakutan, kebosanan, dan kesedihan jadi emosi yang lebih positif. Kemarahan rupanya juga bisa tersalur lewat menonton para psikopat membantai orang. Kamu akan merasa puas saat melihat mereka beraksi padahal seharusnya tidak. Nah, dengan menonton adegan yang tidak akan kamu lakukan ini memberikan kamu saluran untuk mengalirkan kemarahan kamu sendiri. Seiring film berjalan, tumpukan emosi negatif kamu mengalir dan menghilang.

Wah, rupanya film horor punya banyak pengaruh untuk kesehatan mentalmu, Guys. Tapi ingat ya, tonton adegan seram yang masih nyaman untuk kamu saksikan, sehingga penyaluran emosi dan rasa takutmu tidak terasa menyiksa. Selamat menonton, ya!