Halo, Takaiters!

Sudah tahu Penglipuran, desa terbersih di dunia? Ada beberapa hal unik di Penglipuran yang perlu kita ketahui.

Penglipuran terletak di Bangli, Bali, kira-kira 600-700 meter di atas permukaan laut, dekat Kintamani.

Berikut adalah fakta unik tentang Penglipuran.

1. Tidak Memperbolehkan Poligami

Foto: thesun.co.uk

Penglipuran memang berbeda dengan adat Bali umumnya dalam hal perkawinan. Di Penglipuran, poligami dilarang, dan bagi yang melanggarnya akan dikenakan sanksi. Laki-laki yang berpoligami akan diasingkan di sebuah tempat bernama Karang Memadu, selain itu juga diharuskan membayar denda sesuai keputusan adat.

Banyak warga penglipuran yang bersyukur akan hal tersebut karena sampai hari ini tidak ada yang berani melanggar larangan itu.

2. Warga Membuat Kerajinan dari Bambu

Foto: balilocalguide.com

Mengingat sebagian wilayah desa ini adalah hutan bambu, maka para warganya, terutama wanita, membuat kerajinan dari bambu. Hasil kerajinan itu antara lain berupa tas tangan wanita, yang kemudian dijual kepada para wisatawan yang berkunjung ke desa ini.

Selain kerajinan dari bambu, warga desa juga membuat minuman tradisional yang berkhasiat untuk kesehatan, seperti jamu kunyit asam dan loloh cemcem. Minuman loloh cemcem ini berkhasiat untuk mengobati panas dalam.

Pilihan Editor


3. Tidak Ada Pedagang Asongan

Foto: bali-travelnews.com

Meskipun menjadi tujuan wisata dan mempunyai produk kerajinan yang dijual, ternyata di desa ini tidak ada pedagang asongan. Jadi wisatawan benar-benar nyaman berkunjung.

Lalu bagaimana kalau wisatawan ingin membeli sesuatu? Jangan khawatir, rumah-rumah penduduk menyediakan aneka kebutuhan pengunjung. Kita bisa membeli apa yang kita inginkan di rumah-rumah penduduk.

4. Semua Rumah Saling Terhubung

Foto: balihelotravel.com

Fakta unik lainnya adalah, semua rumah di sini saling terhubung dengan rumah-rumah di sebelahnya. Kita bisa masuk ke satu rumah dan keluar dari rumah lainnya.

Jadi, kalau ingin membeli sesuatu dan ternyata tidak ada di rumah yang kita masuki, kita bisa melanjutkan mencarinya ke rumah sebelah tanpa harus keluar dulu.

5. Bebas dari Kendaraan Bermotor

Foto: tripadvisor.com.au

Hal unik lainnya adalah, desa ini bebas dari kendaraan bermotor. Jadi, tak heran kalau udaranya sangat bersih dan segar.

Lalu bagaimana para wisatawan masuk? Ya, harus berjalan kaki ke desa, setelah kendaraan diparkir di luar desa. Tapi jangan khawatir, tempat parkirnya juga tidak terlalu jauh.

Itulah fakta unik tentang Penglipuran, desa terbersih di dunia. Sudah berkunjung ke sana, Guys?