Hola, Takaiters!

Long Distance Relationship atau dikenal dengan istilah LDR, rupanya semakin banyak dijumpai belakangan ini. Banyak pasangan kekasih menjalani LDR karena berbagai alasan. Menempuh pendidikan di kota yang berbeda, mengikuti kepindahan orang tua, atau bahkan karena berbeda tempat bekerja. Well, semua ada alasannya.

Berada berjauhan dengan sang pujaan hati menuntut ekstra pengorbanan pastinya, ya. Yang satu kota saja, rasanya tak pernah habis merindu, apalagi berjauhan. Membayangkannya saja rasanya sudah tak sanggup, Guys?

Eh, tapi jangan salah, Guys, ada, lo, pasangan kekasih yang sejak awal menjalin romantisme sudah dimulai dengan jarak yang memisahkan. Dan mereka baik-baik saja, bahkan sampai ke tahap pelaminan dan bahagia. Apa, ya, kira-kira resep manjur penjaga LDR agar sukses ke jenjang pernikahan? Berikut ada 5 hal yang wajib ada ketika kamu menjalani sebuah hubungan yang terpisahkan jarak.

1. Komunikasi Itu Penting

Foto: pexels.com

Ya! Komunikasi itu bisa dibilang kunci utama dalam sebuah hubungan jarak jauh. Setiap hari usahakan selalu ada komunikasi. Singkat tapi kontinyu. Sapaan selamat untuk mengawali hari, mengungkapkan rasa sayang, atau bahkan hal-hal remeh seperti menanyakan soal sudah makan atau belum. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, komunikasi menjadi sangat mudah dengan adanya berbagai fasilitas. Berat di ongkos sudah bukan jadi alasan untuk menjaga komunikasi. Jarak serasa terhapuskan. Setuju, Guys?

2. Bangun Kepercayaan

Foto: pexels.com

Well, rasa was-was memang selalu terbersit ketika menjalani hubungan jarak jauh. Apakah dia di sana baik-baik saja? Apakah dia di sana merindukan aku? Apakah dia di sana setia? Pertanyaan-pertanyaan yang selalu ada dan tak bisa dikendalikan kemunculannya. Tapi, Guys, ketika kamu dan pasangan terkasih sudah sepakat menjalani LDR, maka kepercayaan menjadi sangat penting. Percaya bahwa dia di sana setia, baik-baik saja, dan selalu mencintaimu. Komunikasi yang sehat, menjadi penentu kokoh tidaknya kepercayaan yang ada.

3. Bersikap Dewasa

Foto: unsplash.com

Nah ini dia, Guys, bersikap dewasa sepertinya mudah diucapkan, tapi butuh kesadaran, kesabaran, dan logika yang tinggi. Ketika si dia terlambat menelponmu sesuai jam yang disepakati, jangan dulu buru-buru marah tak terkendali. Atau ketika si dia seharian belum berkabar, tahan dulu emosimu.

Bisa jadi dia kehabisan pulsa dan harus mengisi dulu, sementara ada kendala dalam pengisiannya. Bisa jadi dia tertahan oleh Dosen Pembimbingnya seharian hanya untuk revisi skripsi atau thesisnya, hingga tak memungkinkan berkabar panjang lebar. So, be positive be mature. Cowok, tuh, suka sama cewek yang dewasa pemikirannya, tapi manja dan kalem pembawaannya. Setuju, Bro?

4. Bertemanlah dengan Teman-Temannya

Foto: pexels.com

Percaya tidak percaya, bahwa teman atau sahabat itu bisa menjadi sinyal pelacak kamu, lo, Guys. Terlebih teman yang selalu kamu andalkan untuk jadi bahu sandaran. Yakin, hampir seratus persen semua tentangmu dia tau. So, bertemanlah dengan teman-temannya. Mereka bisa menjadi kepanjangan mata dan telingamu. Kekasih aman, pertemanan pun jalan.

5. Jagalah Silaturahmi dengan Keluarganya

Foto: hellogiggles.com

Hal yang terakhir ini bisa menjadi senjata kuat untuk hubungan jarak jauhmu. Restu keluarga, terutama Ibu menjadi sangat penting dalam sebuah hubungan antara laki-laki dan perempuan. Apalagi jika hubungan yang kamu jalani sedari awal memang diniatkan serius hingga ke pernikahan.

Pastinya kedua belah pihak keluarga akan terlibat. Jika keluarganya sangat menerimamu dengan baik, maka separuh perjalanan menuju jenjang pernikahan sudah dalam genggaman. Dekatlah dengan keluarganya, tapi tetap dalam batasan yang seharusnya. Artinya, kamu harus sadar bahwa belum sepenuhnya jadi anggota keluarganya.

Jadi, jagalah sikapmu terhadap keluarganya. Sopan, baik, jujur, dan sering-seringlah berkunjung. Dijamin, keluarganya pun akan sangat menyayangimu. Kalau calon menantu sudah disayang, dijamin lampu hijaunya menyala terang. Setuju, Guys?

Nah, itu dia 5 hal yang wajib kamu tau ketika menjalani sebuah hubungan jarak jauh. Berat? Jangan bilang berat sebelum dicoba, Guys. Good luck, ya!